visitaaponce.com

Blinken Kembali ke Israel, Saat Gencatan Senjata Diperpanjang

Blinken Kembali ke Israel, Saat Gencatan Senjata Diperpanjang
Menlu AS Antony Blinken akan kembali ke Tel Aviv bertemu Benjamin Netanayahu dan ke Ramallah bertemua Presiden Palestina Mahmud Abbas.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melakukan kunjungan ke Timur Tengah, tepat ketika mediator mengumumkan perpanjangan gencatan senjata di Gaza.

Blinken juga akan berangkat minggu ini ke Dubai untuk mewakili Amerika Serikat pada KTT iklim COP28, di mana dua tahun terakhir tidak dihadiri Presiden Joe Biden.

Seorang pejabat senior AS, yang berbicara ketika Blinken tiba di Brussels untuk menghadiri pertemuan NATO, mengatakan diplomat tinggi AS itu akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv dan Presiden Palestina Mahmud Abbas di Ramallah.

Baca juga: Biden Umumkan Hamas Bebaskan Sandera AS Berusia 4 Tahun

“Dalam pertemuannya di Timur Tengah, Menlu AS akan menekankan perlunya mempertahankan peningkatan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza, menjamin pembebasan semua sandera dan meningkatkan perlindungan terhadap warga sipil di Gaza,” kata pejabat itu.

“Menteri akan berdiskusi dengan mitra-mitra di kawasan mengenai prinsip-prinsip yang ia susun untuk masa depan Gaza dan kebutuhan untuk mendirikan negara Palestina yang merdeka,” kata pejabat itu.

Baca juga: Baznas-Egyptian Red Crescent Kerja Sama Salurkan Bantuan ke Palestina

Perjalanan ini dilakukan ketika mediator Qatar mengumumkan perpanjangan gencatan senjata antara Israel dan Hamas selama 48 jam, membuka jalan bagi pembebasan sandera lebih lanjut dan kedatangan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza yang dilanda perang.

Belum ada konfirmasi langsung dari Israel, yang telah berjanji untuk terus berjuang menghancurkan Hamas.

Amerika Serikat telah menekan Israel untuk bekerja sama dengan Otoritas Palestina dan mengendalikan pemukim yang menyerang warga Palestina di Tepi Barat sejak 7 Oktober, namun Netanyahu telah lama menjadi pengkritik Abbas dan solusi dua negara.

Fokus pada Ukraina dan iklim

Blinken dan Biden telah berjanji mendukung Israel setelah militan Hamas menyerbu sekutu AS tersebut pada 7 Oktober dan menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, di Serangan paling mematikan yang pernah dilakukan Israel.

Namun para pejabat AS juga menyuarakan kekhawatiran yang meningkat mengenai dampak pembalasan Israel terhadap warga sipil, yang telah membangkitkan opini publik di sebagian besar dunia.

Pengeboman dan kampanye darat telah menyebabkan hampir 15.000 orang tewas, sebagian besar warga sipil Palestina, menurut pemerintah Hamas di Gaza.

Blinken akan menghadiri COP28 pada hari Jumat di Dubai, yang dibuka pada hari Kamis dalam pertemuan puncak perubahan iklim terbesar yang pernah dipimpin PBB.

Biden telah menghadiri dua pertemuan puncak tahunan terakhir, di Skotlandia dan Mesir, dengan harapan menunjukkan  Amerika Serikat telah mengubah keadaan dari pendahulunya yang skeptis terhadap perubahan iklim, Donald Trump, yang kembali mencalonkan diri untuk menduduki jabatan di Gedung Putih.

Pemerintahan Biden telah mendorong investasi miliaran dolar dalam ekonomi hijau, termasuk mobil listrik.

Pejabat AS lainnya sebelumnya mengatakan Biden tidak akan menghadiri COP28, yang dihadiri Paus Fransiskus. Para pejabat tidak memberikan alasannya. Biden telah tertarik dengan Timur Tengah, tetapi berusaha untuk fokus pada agenda domestiknya dengan waktu kurang dari satu tahun sebelum pemilihan presiden.

Blinken juga akan berupaya menggalang dukungan untuk Ukraina dalam pembicaraan dengan para menteri luar negeri NATO di Brussels dan kemudian pada pertemuan Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE) di Makedonia Utara.

“Kami mengantisipasi bahwa dia akan terlibat dalam diskusi yang baik dengan rekan-rekan OSCE kami mengenai dukungan untuk Ukraina,” kata James O'Brien, diplomat utama AS untuk Eropa. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat