visitaaponce.com

Menlu Retno tidak Paham Pola Pikir Netanyahu

Menlu Retno tidak Paham Pola Pikir Netanyahu
Metneri Luar Negeri RI Retno Marsudi(AFP)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengaku tidak bisa memahami pola pikir serta sikap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berkeras masih ingin melanjutkan perang dengan kelompok Hamas Palestina usai jeda kemanusiaan di Gaza berakhir.

Berbicara dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB untuk membahas situasi di Gaza, Rabu (29/11), Retno menegaskan bahwa jeda kemanusiaan saja tidak cukup. Itu masih terlalu sempit dan rapuh untuk memperbaiki situasi di Gaza secara berkelanjutan.

"Saya kutip pernyataan PM Netanyahu yang mengatakan bahwa operasi militer akan dilakukan kembali dengan kekuatan penuh pada saat jeda kemanusiaan selesai. Saya sampaikan, saya tidak dapat memahami pernyataan semacam ini," kata Retno dalam video pernyataan persnya.

Baca juga: Retno Serukan Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Ia pun menyampaikan kekhawatiran mendalam atas situasi di Gaza saat ini. Ia melihat serangan terhadap warga Palestina di Tepi Barat masih terus dilakukan bahkan bertambah parah.

"Apabila jumlah tawanan yang dibebaskan Israel sama banyaknya atau kurang lebih sama banyaknya dengan penangkapan baru di Tepi Barat, pertanyaannya adalah apa gunanya (jeda kemanusiaan kemarin)?" ucapnya.

Baca juga: DPR RI Tegaskan Pembunuhan Warga Palestina oleh Israel Tidak Bisa Ditoleransi

Oleh karena itu, Menlu mendesak DK PBB untuk tidak membiarkan ancaman terhadap kemanusiaan di Gaza berlanjut. DK PBB, tegas Retno, harus bisa mencegah agar kekerasan tidak terulang kembali.

Kehadiran Menlu Retno bersama para menlu Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dalam pertemuan DK PBB bertujuan untuk menunjukkan dukungan OKI terhadap Palestina, dan merupakan tindak lanjut mandat yang diberikan para pemimpin OKI usai KTT di Riyadh, Arab Saudi, 11 November lalu untuk menggunakan semua upaya guna mencari penyelesaian situasi di Gaza. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat