visitaaponce.com

Zurich, Kota Termahal di Dunia

Zurich, Kota Termahal di Dunia
Ilustrasi(Freepik)

MAJALAH The Economist merilis peringkat kota termahal di dunia. Zurich dan Singapura menempato posisi teratas sebagai kota termahal di dunia menggusur posisi New York

Peringkat ini mencerminkan peningkatan biaya hidup yang signifikan, dengan harga yang meningkat dengan rata-rata 7,4% selama setahun terakhir di 173 kota besar.

Dalam penelitian yang dipimpin Upasana Dutt itu terungkap bahwa krisis biaya hidup masih terus berlanjut karena tingkat harga masih jauh di atas tren historis. 

Baca juga: Tema dan Sejarah Hari Kota Sedunia yang Penting untuk Diketahui

“Krisis biaya hidup masih jauh dari selesai dan tingkat harga masih jauh di atas tren historis. Kami memperkirakan inflasi akan semakin melambat pada 2024,” ujar Dutt

Peningkatan disebabkan dari dampak kenaikan suku bunga oleh bank sentral yang bertujuan merespons kenaikan harga. Tingginya inflasi di Eropa juga mempengaruhi harga makanan dan pakaian, ditambah dengan apresiasi euro terhadap dolar.

Tahun ini, Zurich menjadi kota termahal diikuti Singapura, Jenewa, New York, Hong Kong, Los Angeles, Paris, Copenhagen, Tel Aviv, dan San Francisco. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Membangun Kota di Android yang Bikin Ketagihan

Sedangkan perubahan signifikan juga terlihat dalam penurunan peringkat kota di Rusia, seperti Moskow dan Saint Petersburg, yang mencerminkan lemahnya rubel akibat sanksi berat sebagai respons terhadap perang di Ukraina.

Di sisi lain, kota termurah di dunia, menurut peringkat adalah Damaskus, diikuti Teheran. Penilaian ini dilakukan dalam dolar, mengonversi mata uang lokal ke dalam dolar, yang mengakibatkan harga lebih tinggi. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat