visitaaponce.com

Jakarta Masuk 50 Kota Teraman Dunia, Ini Kata Anies

Jakarta Masuk 50 Kota Teraman Dunia, Ini Kata Anies
Ilustrasi sejumlah aparat keamanan melakukan persiapan untuk pengamanan aksi protes di Jakarta.(MI/Andri Widiyanto)

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur karena wilayah Ibu Kota masuk dalam jajaran 50 besar kota teraman di dunia. Capaian itu tecermin dalam Safe Cities Index (SCI), sebuah survei yang dilakukan The Economist Intelligence.

Anies mengatakan pihaknya ingin mendorong lebih jauh sejumlah aplikasi perlindungan diri. "Dua tahun lalu diluncurkan aplikasi perlindungan untuk perempuan, di mana bila hadapi masalah bisa langsung lapor. Kemudian program menjangkau masyarakat untuk respons cepat bila ada kejadian yang membahayakan," ujarnya, Selasa (24/8).

Baca juga: Jakarta Masuk 50 Besar Kota Teraman Di Dunia

Lebih lanjut, dia menjelaskan Pemprov DKI menyiapkan sistem digital yang lebih komprehensif melalui aplikasi JAKI. Aplikasi yang digadang-gadang sebagai 'super apps' ini diyakini bakal melindungi masyarakat Ibu Kota.

"Unduh aplikasi ini super apps, maka kita bisa melindungi. Insyaallah lebih baik lagi. Kita jaga sama-sama, karena keselamatan bukan hanya dikerjakan oleh pemerintah, tapi oleh sesama kita," imbuh Anies.

Diketahui, Jakarta berhasil masuk 50 besar indeks kota teraman di dunia (Safe Cities Index/SCI) dari total 60 negara yang disurvei. Sebelumnya, Jakarta berhasil menduduki peringkat ke-46 dalam survei yang dilakukan The Economist. 

Baca juga: BPK Temukan Pemborosan Rp3,3 Miliar Pengadaan Lahan Makam Pemprov DKI

Sementara itu, lima besar kota teraman di dunia dari skor keseluruhan, yakni Copenhagen (Denmark), Toronto (Kanada), Singapura (Singapura), Sydney (Australia), dan Tokyo (Jepang). Adapun Singapura merupakan satu-satunya perwakilan Asia Tenggara di 30 besar.

Terdapat lima indikator besar yang menjadi topik penilaian survei SCI. Mulai dari aspek keamanan individual, keamanan digital, keamanan lingkungan, keamanan kesehatan, hingga keamanan infrastruktur.(OL-11)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat