visitaaponce.com

Lebih dari 100 Orang Tewas dalam Gempa Bumi di Gansu, Tiongkok

Lebih dari 100 Orang Tewas dalam Gempa Bumi di Gansu, Tiongkok
Lebih dari 100 orang tewas akibat gempa bumi di Gansu, Tiongkok dan puluhan orang lainnya terluka.(Dok.MI)

LEBIH dari 100 orang tewas dalam gempa bumi semalam di provinsi Gansu di barat laut Tiongkok. Puluhan orang lainnya terluka di provinsi tersebut setelah gempa bumi yang kuat dan dangkal terjadi, kata stasiun televisi negara CCTV, mengutip markas bantuan gempa provinsi.

Menurut CCTV, 11 orang juga tewas dan lebih dari 100 terluka di kota Haidong di provinsi tetangga Qinghai.

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan signifikan, termasuk rumah-rumah yang runtuh, dan membuat orang berlari keluar ke jalan untuk mencari perlindungan, kata agensi berita negara Xinhua.

Baca juga: Tiongkok-Korut Gelar Pembicaraan Tingkat Tinggi di Beijing

Pekerjaan penyelamatan sedang berlangsung pada Selasa dini hari, dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping memerintahkan "upaya maksimal" dalam pencarian dan pekerjaan bantuan.

Gempa bumi, yang dicatat sebagai magnitudo 5,9 oleh Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), terjadi di Gansu dekat perbatasan dengan Qinghai, di mana Haidong berada.

Baca juga: Jepang Rangkul ASEAN, Lawan Tiongkok

Ini berjarak sekitar 100 kilometer (60 mil) barat daya dari ibu kota provinsi Gansu, Lanzhou, dan diikuti oleh beberapa gempa susulan yang lebih kecil. Xinhua melaporkan gempa tersebut dengan magnitudo 6,2. "Pasokan listrik dan air terputus di beberapa desa setempat," kata Xinhua.

Plafon yang roboh dan puing-puing lainnya dapat terlihat dalam video yang diposting di media sosial.

Gempa bumi terjadi pada kedalaman 10 kilometer (enam mil) pada pukul 11:59 malam waktu setempat Senin (1559 GMT), menurut USGS, yang merevisi magnitudonya ke bawah setelah awalnya melaporkan 6,0.

Pejabat meluncurkan tanggapan darurat dan mengirim personel penyelamatan ke daerah tersebut segera setelah gempa bumi, dan pemimpin provinsi juga sedang dalam perjalanan, melaporkan Xinhua.

Gempa bumi bukanlah hal yang tidak biasa di China. Pada Agustus, gempa bumi dangkal berkekuatan 5,4 melanda bagian timur China, melukai 23 orang dan meruntuhkan puluhan bangunan.

Pada September 2022, gempa bumi berkekuatan 6,6 melanda provinsi Sichuan, menewaskan hampir 100 orang.

Gempa bumi berkekuatan 7,9 pada tahun 2008 menyebabkan lebih dari 87.000 orang tewas atau hilang, termasuk 5.335 siswa sekolah. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat