visitaaponce.com

PBB Tentara Israel Bunuh 11 Warga Sipil Gaza dengan Tembakan dan Granat

PBB: Tentara Israel Bunuh 11 Warga Sipil Gaza dengan Tembakan dan Granat
Kendaraan milik tentara Israel (IDF) tengah berpatroli di wilayah Gaza.(AFP)

KANTOR hak asasi manusia PBB menerima laporan yang menyatakan pasukan Israel membunuh sedikitnya 11 warga Palestina yang tidak bersenjata. Temuan ini menjadi bagian dari dugaan kejahatan perang di Gaza.

Kantor badan tersebut di kota Ramallah, Tepi Barat, mengungkapkan pembunuhan itu diduga dilakukan di lingkungan Rimal di Kota Gaza pekan ini.

"Terdapat informasi meresahkan yang menuduh tentara Israel (IDF) membunuh sedikitnya 11 pria Palestina yang tidak bersenjata,” sebut laporan kantor itu, Kamis (21/12).

Baca juga: Israel akan Tukar Petinggi Hamas dengan Sandera

Insiden tersebut menimbulkan kekhawatiran mengenai kemungkinan dilakukannya kejahatan perang. Terlebih para pria tersebut dibunuh di depan anggota keluarga mereka.

Laporan itu mengatakan tentara juga memerintahkan perempuan dan anak-anak masuk ke sebuah ruangan dan menembak mereka atau melemparkan granat ke dalam ruangan. Ledakan granat dilaporkan melukai beberapa dari mereka, termasuk bayi dan anak-anak.

Baca juga: WHO: Tidak Ada Rumah Sakit Berfungsi di Gaza Utara

Pihak berwenang Israel tidak segera berkomentar. “Pasukan Israel sebelumnya juga dituduh sengaja menargetkan dan membunuh warga sipil,” menurut kantor tersebut.

Perang antara Israel dan Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, dimulai setelah pejuang Hamas tersebut menyerang Israel selatan pada 7 Oktober dan menewaskan sekitar 1.140 orang.

Serangan balasan Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 20.000 orang. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak atau perempuan, menurut pemerintah Hamas.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat