visitaaponce.com

Pentagon Sebut Kapal Tanker di Dekat India Diserang oleh Drone dari Iran

Pentagon Sebut Kapal Tanker di Dekat India Diserang oleh Drone dari Iran
Pentagon melaporkan kapal tanker kimia di dekat pantai India menjadi target serangan drone yang ditembakkan dari Iran.(Indian Coast Guard)

SEBUAH kapal tanker kimia yang terkena serangan, Sabtu, di dekat pantai India disebut sebagai target oleh serangan drone satu arah yang ditembakkan dari Iran, demikian pernyataan dari Pentagon.

Serangan terjadi sekitar pukul 10 pagi waktu setempat (0600 GMT) dan tidak menyebabkan korban jiwa di kapal yang dimiliki oleh perusahaan Jepang itu, pernyataan tersebut menyatakan bahwa kebakaran yang terjadi berhasil dipadamkan.

"Militer Amerika Serikat tetap berkomunikasi dengan kapal tersebut saat melanjutkan perjalanan menuju tujuan di India," tambah pernyataan itu.

Baca juga: AS Tuduh Iran di Balik Houthi Yaman

Chem Pluto, kapal yang terkena serangan, membawa bendera Liberia dan dioperasikan oleh entitas Belanda, demikian bunyi pernyataan itu.

Serangan drone terjadi 200 mil laut (370 kilometer) dari pantai India, dan tidak ada kapal Angkatan Laut Amerika Serikat di sekitarnya, pernyataan itu menambahkan.

Baca juga:Iran Jadi Target Serangan Siber Israel, Pompa Bensin Lumpuh

Belum ada klaim tanggung jawab langsung untuk serangan tersebut, yang terjadi di tengah serangkaian serangan drone dan rudal oleh pemberontak Huthi yang didukung Iran di jalur pelayaran penting di Laut Merah.

Huthi mengklaim bahwa mereka melakukan serangan sebagai solidaritas dengan rakyat Palestina di Jalur Gaza yang terkepung.

Angkatan Laut India mengatakan telah merespons permintaan bantuan.

"Sebuah pesawat terbang dikirim dan mencapai di atas kapal tersebut untuk memastikan keselamatan kapal yang terlibat dan kru kapal," kata seorang pejabat angkatan laut kepada AFP.

"Sebuah kapal perang Angkatan Laut India juga telah dikirim untuk memberikan bantuan sesuai kebutuhan." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat