visitaaponce.com

Antony Blinken Kunjungi Meksiko untuk Bahas Penanganan Krisis Migrasi

Antony Blinken Kunjungi Meksiko untuk Bahas Penanganan Krisis Migrasi
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, melakukan kunjungan ke Meksiko guna mengatasi lonjakan migrasi.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Antony Blinken menuju ke Meksiko pada Rabu dengan harapan adanya kemajuan dalam menangani lonjakan migrasi, yang telah menjadi salah satu masalah utama bagi Presiden AS Joe Biden menjelang tahun pemilihan.

Perjalanan mendadak di tengah minggu libur Natal itu ketika Partai Republik rival menekan Biden untuk menangani masalah migrasi sebagai imbalan setuju di Kongres terhadap salah satu prioritas utamanya, dukungan untuk Ukraina.

Sekitar 10.000 orang mencoba masuk tanpa izin setiap hari di perbatasan selatan AS. Angka itu hampir dua kali lipat jumlah sebelum pandemi, dengan kelompok baru ratusan bahkan ribuan orang berangkat secara berjalan kaki dari selatan Meksiko pada hari Minggu.

Baca juga: Meksiko Berkomitmen Tingkatkan Langkah Atasi Migrasi Sebelum Pertemuan Tingkat Tinggi dengan AS

Otoritas perbatasan AS begitu kewalahan sehingga mereka telah menangguhkan beberapa penyeberangan hukum untuk fokus pada pemrosesan para migran.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador membahas masalah migrasi dalam panggilan telepon pada hari Kamis dengan Biden, yang setuju untuk mengirim Blinken, yang didampingi oleh Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas dan pejabat migrasi Gedung Putih Liz Sherwood.

Baca juga: Baghdad Marah karena AS Serang Fasilitas Militernya

Lopez Obrador mengatakan kepada wartawan pada Jumat, Meksiko akan "memperkuat rencana kami" untuk menangani migran yang menuju ke AS, yang sedikit dari mereka yang berasal dari Meksiko, setelah pemerintahnya juga mengatakan mereka sudah mencapai titik puncak pada penegakan hukum.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan delegasi AS akan berbicara dengan Lopez Obrador tentang "kebutuhan mendesak untuk jalur hukum dan tindakan penegakan tambahan" dalam masalah migrasi.

Meksiko, dalam kesepakatan dengan Biden dan pendahulunya Donald Trump, setuju setidaknya untuk sementara waktu menerima para migran yang mencoba masuk ke Amerika Serikat.

Trump, yang menjadi calon utama dari Partai Republik, menantang Biden pada November, kembali melakukan kampanye dengan retorika anti-imigran yang keras, menuduh orang asing "mencemari darah negara kita," bahasa yang kritikus tunjukkan mirip dengan Hitler.

Paket yang diusulkan Biden kepada Kongres juga akan mendanai 1.300 agen Patroli Perbatasan tambahan untuk membantu mengatasi masalah migrasi.

Pemerintahan Biden telah memperingatkan tanpa kesepakatan, Ukraina akan segera kehabisan senjata yang diperlukan untuk menahan invasi Rusia yang hampir dua tahun berlangsung.

Andrew Rudman, direktur Mexico Institute di Wilson Center di Washington, mengharapkan Blinken akan mencari dukungan tambahan dari Meksiko untuk menjaga para migran di dalam batas-batasnya, seperti izin kerja sementara.

"Pemerintahan Biden ingin menunjukkan, atas alasan politik domestiknya sendiri, bahwa mereka melakukan segala yang mereka bisa," katanya.

"Satu dari tantangannya adalah semua orang ingin solusi jangka pendek untuk masalah global dan berkepanjangan ini," ujarnya tentang migrasi. "Tidak ada tongkat ajaib."

"Sebagian besar orang ini berimigrasi karena mereka membuat keputusan rasional kehidupan bagi mereka akan lebih baik di AS," katanya.

Para migran telah melarikan diri dari negara-negara Amerika Tengah yang dilanda kemiskinan, kekerasan, dan bencana yang diperparah oleh perubahan iklim.

Dalam beberapa bulan terakhir, ada peningkatan migran yang menuju melalui Meksiko berasal dari Haiti, yang telah dilanda kekerasan geng dan kurangnya pemerintahan yang berfungsi, dan Venezuela, di mana barang-barang pokok telah berkurang akibat tahun-tahun kekacauan ekonomi.

Maria Alicia Ulloa, seorang warga Honduras yang merupakan bagian dari kelompok migran terbaru, mengatakan bahwa pejabat AS dan Meksiko yang bertemu pada hari Rabu seharusnya mencari cara untuk membantu para migran.

"Mereka harus mendukung kami karena situasinya juga kritis di negara kami," katanya, menyuarakan kekhawatiran bahwa langkah-langkah imigrasi AS-Meksiko yang lebih keras akan berarti kembali ke negara yang dilanda kejahatan dan pengangguran.

"Kami berimigrasi dengan harapan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak kami, dan kehidupan yang lebih baik bagi kerabat yang tinggal di belakang," katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat