visitaaponce.com

Rumania dan Bulgaria Capai Kesepakatan Bagian Schengen dengan Austria pada Maret 2024

Rumania dan Bulgaria Capai Kesepakatan Bagian Schengen dengan Austria pada Maret 2024
Perdana Menteri Rumania Marcel Ciolacu(AFP)

RUMANIA dan Bulgaria telah mencapai kesepakatan dengan Austria untuk bergabung dengan zona Schengen Uni Eropa yang memungkinkan pergerakan bebas melalui laut dan udara pada Maret 2024, demikian diumumkan pemerintah Rumania.

"Setelah 13 tahun, Rumania akhirnya akan bergabung dengan Schengen! Kami memiliki kesepakatan politik mengenai ini," tulis Perdana Menteri Rumania Marcel Ciolacu di Facebook.

Kementerian Dalam Negeri Rumania menyatakan kesepakatan politik telah dicapai antara ketiga negara tersebut untuk memperluas zona ke perbatasan udara dan laut Rumania dan Bulgaria mulai Maret 2024.

Baca juga: Pertarungan Menyelamatkan Hutan Carpathian dengan Penebang Pohon

Pertanyaan mengenai pembukaan perbatasan darat ditunda hingga pembicaraan yang akan diadakan tahun depan.

Austria, yang memberlakukan veto terhadap masuknya kedua negara tersebut setahun yang lalu, mengajukan gagasan yang disebutnya "Air Schengen" pada awal Desember.

Baca juga: Pamerkan Teknologi Pembuatan Tempe di Austria, Dua Siswa SMA Indonesia Siap Angkat Makanan Khas Indonesia di Eropa

Austria menyatakan kesiapannya untuk melonggarkan aturan penerbangan untuk Bulgaria dan Rumania jika Brussels memperkuat perbatasan eksternal UE.

Rumania dan Bulgaria, menjadi anggota UE sejak 2007, namun ditolak pada akhir tahun 2022 dari zona luas di mana lebih dari 400 juta orang dapat bepergian secara bebas tanpa kontrol perbatasan internal.

Pendaftaran mereka dibatalkan Austria, yang mengeluh harus menanggung sejumlah imigrasi ilegal yang tidak proporsional akibat perbatasan Schengen yang kurang terlindungi dengan baik. Wilayah Schengen dibentuk tahun 1985 dan mencakup 23 dari 27 negara anggota UE serta tetangga terkait mereka, yaitu Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat