visitaaponce.com

Joe Biden soal Serangan AS ke Yaman Untuk Jaga Laut Merah

Joe Biden soal Serangan AS ke Yaman: Untuk Jaga Laut Merah
Ilustrasi kelompok Huthi berpatroli di Laut Merah(AFP)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden buka suara terkait gempuran yang dilakukan negaranya ke Yaman. Ia mengatakan aksi itu bertujuan untuk menghentikan serangan Huthi yang membahayakan kebebasan navigasi di Laut Merah yang merupakan jalur pelayaran penting bagi perdagangan global.

"Serangan-serangan Huthi telah membahayakan personel AS, pelaut sipil, dan mitra kami, membahayakan perdagangan, dan mengancam kebebasan navigasi," kata Biden dalam pernyataannya.

"Oleh karena itu, hari ini, atas arahan saya, pasukan militer AS, bersama dengan Inggris dan dengan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada dan Belanda, melakukan serangan terhadap sejumlah wilayah di Yaman yang digunakan oleh pemberontak Huthi untuk membahayakan kebebasan navigasi," imbuhnya.

Baca juga: Amerika Serikat dan Inggris Bombardir Milisi Huthi di Yaman

Biden juga mengatakan bahwa serangan itu merupakan respons langsung terhadap serangan Huthi yang menargetkan kapal-kapal AS pada 9 Januari lalu. Serangan itu tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi merusak kapal-kapal tersebut.

Serangan AS ke Yaman mendapat kecaman dari Iran, yang mendukung aksi Houthi. Iran mengatakan bahwa serangan itu akan memperburuk situasi di Yaman dan meningkatkan risiko konflik di Timur Tengah.

Baca juga: PBB Adopsi Resolusi Kecaman Houthi di Laut Merah

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, As melakukan serangan udara ke Yaman pada Jumat (12/1) waktu setempat. Serangan itu dilakukan sebagai tanggapan atas gempuran Huthi terhadap kapal-kapal dagang di Laut Merah. (AFP/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat