visitaaponce.com

Badan Kemanusiaan PBB Salurkan US2,5 Juta untuk Zambia Tangani Kolera

Badan Kemanusiaan PBB Salurkan US$2,5 Juta untuk Zambia Tangani Kolera
petugas medis memberi perawatan terhadap pasien kolera di Zambia.(AFP)

Badan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bakal mengucurkan dana senilai US$2,5 juta untuk Zambia. Anggaran sebesar itu disalurkan untuk memerangi wabah kolera yang sudah merenggut 574 nyawa dan menginfeksi sekitar 400 orang setiap harinya.

"Dana tersebut dialokasikan dari Dana Tanggap Darurat Pusat (Central Emergency Response Fund/CERF) untuk mendukung Zambia melawan wabah kolera," ujar Koordinator Bantuan Darurat Martin Griffiths melalui Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (Office for the Coordination Humanitarian Office/OCHA).

OCHA mengatakan, hingga 28 Januari lalu, Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Zambia melaporkan lebih dari 15.000 kasus kolera dan 574 kasus kematian di negara tersebut.

Baca juga : Wabah Kolera, Ratusan Orang Tewas di Zimbabwe 

"Penularan kolera diperburuk oleh berbagai tantangan terkait pasokan air dan sanitasi, termasuk banjir, sumur dangkal, dan kesulitan dalam mengakses air bersih," ungkap OCHA.

Alokasi CERF yang baru akan mendukung pelaksaan tanggap darurat, termasuk dukungan di bidang infrastruktur kesehatan, nutrisi, air, sanitasi, dan kebersihan.

Beberapa negara Afrika bagian timur dan tenggara dilanda wabah kolera menyusul banjir musiman yang lebih lama dan lebih deras pada musim ini. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat