visitaaponce.com

Lawan Arus, Spanyol Kucurkan Bantuan untuk Gaza

Lawan Arus, Spanyol Kucurkan Bantuan untuk Gaza
Spanyol berencana mengirimkan dana sebesar US$3,8 juta atau Rp59 miliar untuk warga Gaza melalui UNRWA.(AFP)

Berbeda dengan negara-negara Barat yang dipimpin Amerika Serikat (AS), Spanyol berencana mengirimkan dana sebesar US$3,8 juta atau Rp59 miliar untuk warga Gaza. Bantuan itu akan disalurkan melalui badan pengungsi Palestina yang ingin dibubarkan Israel, UNRWA.

"Spanyol akan mengirimkan bantuan tambahan sebesar US$3,8 juta kepada badan pengungsi Palestina PBB, UNRWA," kata Menteri Luar Negeri Jose Manuel Albares kepada anggota parlemen, pada Senin (5/2).

Donor utama UNRWA, termasuk AS dan Jerman, menangguhkan pendanaan. Itu setelah Israel menghembuskan isu bahwa 12 dari puluhan ribu karyawannya dicurigai terlibat dalam serangan Hamas di Israel pada 7 Oktober.

Baca juga : Selandia Baru Menangguhkan Pendanaan untuk Badan Pengungsi Palestina PBB di Gaza

Madrid menyumbangkan 18,5 juta euro atau Rp313 miliar untuk UNRWA pada 2023, termasuk 10 juta euro yang disetujui pada Desember. Itu menyusul keputusan untuk melipatgandakan bantuan pembangunan dan kemanusiaan ke wilayah Palestina.

Pada saat yang sama, mantan menteri luar negeri Perancis akan memimpin investigasi UNRWA bersama tiga organisasi penelitian independen asal Skandinavia. Penunjukan Catherine Colonna diumumkan Senin (5/2), oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres setelah berkonsultasi dengan kepala badan bantuan yang dikenal sebagai UNRWA.

Guterres juga menyebutkan tiga organisasi yang dipilih untuk melakukan tinjauan tersebut yakni Institut Raoul Wallenberg di Swedia, Chr. Institut Michelsen di Norwegia, dan Institut Hak Asasi Manusia Denmark. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat