visitaaponce.com

123 Meninggal dalam Kebakaran Hutan Chile, Pencarian Korban Hilang Dilakukan

123 Meninggal dalam Kebakaran Hutan Chile, Pencarian Korban Hilang Dilakukan
Chile berduka atas kebakaran hutan dahsyat yang telah menelan korban jiwa sebanyak 123 orang.(AFP)

Chile memasuki dua hari berkabung nasional pada Senin untuk setidaknya 123 korban dari kebakaran hutan yang melanda, sementara pencarian terus berlanjut untuk menemukan yang hilang. Para korban yang selamat mencari sisa-sisa kehidupan mereka di tengah reruntuhan yang terbakar.

Jalanan dipenuhi mobil yang terbakar, puing-puing, dan abu setelah api melalap pemukiman di daerah pesisir Valparaiso, menjadikannya kebakaran hutan tersengat terburuk di abad ini.

Hugo de Filippi, seorang mekanik mobil berusia 34 tahun, mengatakan, "Saya masih merasa tercekik dan kehilangan beberapa teman tetangga. Itulah yang paling menyakitkan." Sementara di kota resor Vina del Mar, relawan membantu membersihkan dan membawa bantuan bagi yang terkena dampak.

Baca juga : Jumlah Korban Tewas Kebakaran Hutan di Chile Melampaui 110 orang

Korban tewas telah mencapai 123 orang, dengan 33 di antaranya teridentifikasi. Sebanyak 15.000 rumah rusak, dan Presiden Gabriel Boric memperingatkan bahwa jumlah korban dapat meningkat. Mayoritas korban berasal dari Vina del Mar, yang terkenal dengan pantainya.

Kebakaran meluas pada Jumat, diperparah oleh angin dan gelombang panas. Pemerintah menyelidiki kemungkinan sengaja dimulainya kebakaran. Meskipun kondisi cuaca membaik, masih ada sekitar 40 kebakaran di seluruh negara.

Pemadam kebakaran dan relawan berjuang mengatasi kobaran api, sementara korban yang selamat kembali ke rumah yang terbakar untuk menemukan pemandangan menghancurkan. Bantuan darurat, termasuk pasokan air dan makanan, dikirim ke daerah yang terdampak.

Baca juga : 99 Tewas Dalam Kebakaran Hutan di Chile

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan kesiapannya untuk memberikan bantuan kepada Chile. Paus Fransiskus meminta doa untuk korban dalam kebakaran tersebut. 

Kondisi cuaca panas dan kekeringan di Chile diperparah oleh fenomena cuaca El Nino. Para ilmuwan juga memperingatkan bahwa pemanasan planet meningkatkan risiko bencana alam, termasuk kebakaran hutan. (AFP/Z-3)

Baca juga : 46 Tewas Akibat Kebakaran Hutan di Chile

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat