visitaaponce.com

Jelang Ramadan, Ketegangan Terkait Masjid Al Aqsa Meningkat

Jelang Ramadan, Ketegangan Terkait Masjid Al Aqsa Meningkat
Masjid Al Aqsa di Jerusalem Timur(AFP/AHMAD GHARABLI)

SAAT gempuran Israel ke Jalur Gaza dan bulan Ramadan semakin mendekat, ketegangan terkait Masjid Al Aqsa di Jerusalem meningkat.

Masjid di Kota Tua Jerusalem, yang dianeksasi Israel, merupakan situs tersuci ketiga bagi umat Islam dan situs tersuci bagi penganut Yudaism, dikenal warga Yahudi sebagai Temple Mount.

Israel belum memutuskan pembatasan bagi umat muslim untuk beribadah di Al Aqsa selama Ramadan, yang diperkirakan akan dimulai pada 10 Maret. Namun, sejumlah usulan pembatasan telah memicu kemarahan.

Baca juga : Israel Batasi Akses ke Masjid Al-Aqsa Selama Ramadhan, Hamas Serukan Perlawanan

Pekan lalu, Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel Itamar Ben Gvir menegaskan warga Palestina asal Tepi Barat seharusnya tidak boleh diizinkan masuk ke Jerusalem untuk beribadah di Al Aqsa selama Ramadan.

Biasanya, puluhan bahkan ratusan ribu umat Islam berdoa dan berbuka puasa di Masjid Al Aqsa, yang direbut Israel pada 1967 dan dianeksasi bersama wilayah Jerusalem timur lainnya.

Pada 2000, kunjungan Perdana Menteri Israel kala itu Ariel Sharon memicu kerusuhan oleh warga Palestina yang berujung pada intifada kedua yang berlangsung selama beberapa tahun.

Baca juga : Israel Gempur Gaza setelah Diserang Roket saat Ketegangan Jerusalem

Bentrokan berdarah juga pecah saat Ramadan tahun lalu dan pada 2022, setelah pada Mei 2021 polisi Israel menyerbu masuk ke masjid Al Aqsa yang berujung pada perang singkat di Jalur Gaza. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat