visitaaponce.com

Kuba Amerika Serikat Terlibat dalam Genosida Israel terhadap Rakyat Palestina

Kuba: Amerika Serikat Terlibat dalam Genosida Israel terhadap Rakyat Palestina
Ilustrasi(AFP)

Pemerintah Kuba menyebut Amerika Serikat terlibat dalam aksi genosida yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina. Menteri Luar Negeri Kuba Anayansi Rodriguez Camejo mengungkapkan genosida tidak terbatas pada perang saat ini, tetapi semuanya termasuk upaya keterlibatan Amerika Serikat yang membuat masyarakat internasional tidak bisa melindungi Palestina.

"Pembenaran memerangi terorisme dan memenuhi hak untuk membela diri adalah kebohongan jika dilakukan sendiri oleh para agresor," katanya dalam sidang itu, yang disiarkan oleh PBB.

Pernyataan keras itu ia sampaikan dalam sidang dengar pendapat dari publik tentang konsekuensi hukum dari kebijakan Israel di Gaza dan Yerusalem Timur yang diselenggarakan Mahkamah Internasional (ICJ).

Baca juga : AS Ingin Gencatan Senjata Sementara di Gaza, Hamas Ogah

Kuba mengusulkan agar aksi Israel dianggap sebagai tindakan genosida  yang dilakukan dengan kekejaman sistematis dan efektif.

"Kita harus anggap aksi Israel sebagai tindakan apartheid akan menghilangkan maksud tersirat untuk memusnahkan bangsa Palestina, baik sebagai bagian maupun kelompok etnis dan agama, yang tidak diberi hak untuk menentukan nasib sendiri," kata Camejo.

Adapun, delegasi Palestina meminta ICJ untuk mengakui bahwa pendudukan Israel atas wilayah-wilayah Palestina sebagai tindakan ilegal. Pengakuan itu bisa menjadi kesempatan terakhir untuk mendirikan dua negara terpisah Israel dan Palestina.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat