visitaaponce.com

Mark Rutte Dapat Banyak Dukungan untuk Jadi Sekjen NATO

Mark Rutte Dapat Banyak Dukungan untuk Jadi Sekjen NATO
Perdana Mneteri Belanda Mark Rutte(AFP)

Pemerintah Jerman pada Kamis bergabung dengan Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis untuk mendukung pencalonan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang akan mengakhiri masa kerjanya untuk selanjutnya menjadi ketua NATO.

"Kanselor Olaf Scholz mendukung pencalonan Mark Rutte sebagai Sekretaris Jenderal Baru Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)," kata juru bicara Pemerintah Jerman Steffen Hebestreit melalui akun X-nya.

Ia menilai, dengan pengalaman yang sangat luas, keahliannya yang luar biasa dalam kebijakan keamanan dan kemampuan diplomatik yang kuat, Rutte bisa menjadi kandidat yang palin mumpuni.

Baca juga : Jokowi Bertemu PM Belanda Mark Rutte Bahas Teknologi Rendah Karbon

Sebelumnya, Amerika Serikat juga sudah menyatakan dukungan terhadap Rutte.

“Amerika Serikat telah menjelaskan kepada sekutu kami, sekutu NATO kami, bahwa kami yakin Tuan Rutte akan menjadi sekretaris jenderal NATO yang hebat,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby, Kamis (22/2).

Inggris juga dilaporkan memberi dorongan untuk Rutte. Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa Rutte adalah sosok yang dihormati seluruh anggota NATO karena memiliki komitmen pertahanan dan keamanan yang serius.

Rutte perlu memperoleh dukungan dari 31 sekutu NATO sebelum dapat mencalonkan diri menjadi penerus Jons Stoltenberg. Stoltenberg diperkirakan akan menyelesaikan masa jabatannya pada Oktober mendatang setelah 10 tahun menduduki jabatan itu. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat