visitaaponce.com

Anggota Parlemen Konservatif Inggris Diberhentikan karena Komentar Islamofobia

Anggota Parlemen Konservatif Inggris Diberhentikan karena Komentar Islamofobia
Partai Konservatif Inggris menangguhkan anggota parlemen Lee Anderson setelah menolak meminta maaf atas pernyataannya.(AFP)

PARTAI Konservatif Inggris pada Sabtu menangguhkan mantan wakil ketua mereka dari partai parlemen setelah ia menolak untuk meminta maaf atas pernyataannya yang menyebutkan walikota London dari partai buruh, Sadiq Khan, dikendalikan oleh Islamis. 

Tekanan semakin meningkat pada Partai Konservatif Perdana Menteri Rishi Sunak untuk bertindak menyusul pernyataan kontroversial anggota parlemen Lee Anderson pada hari Jumat, yang telah secara luas dikecam sebagai rasialis dan Islamofobia

Kejadian ini terjadi saat kasus Islamofobia dan anti-Semitisme meningkat secara dramatis di seluruh Inggris sejak pecahnya perang di Gaza pada bulan Oktober tahun lalu.

Baca juga : Parlemen Inggris Terpecah soal Resolusi Gencatan Senjata Israel-Hamas

"Setelah menolak untuk meminta maaf atas komentarnya kemarin, whip utama telah menangguhkan whip konservatif dari Anggota Parlemen Lee Anderson," kata juru bicara anggota parlemen Tory Simon Hart.

Dalam wawancara di saluran berita GB News, Anderson menyatakan "Islamis" telah "mengendalikan" Khan, yang menjadi walikota Muslim pertama di ibu kota Barat ketika pertama kali terpilih di London pada 2016. 

"Dia sebenarnya menyerahkan kota ibu kita kepada teman-temannya," tambah Anderson, anggota parlemen Tory untuk sebuah daerah di pusat Inggris.

Baca juga : Inggris Resmi Masuk Jurang Resesi

Pernyataannya memicu kritik dari seluruh spektrum politik. Menteri bisnis Konservatif Nus Ghani, anggota senior Sajid Javid, dan bangsawan Konservatif Gavin Barwell adalah beberapa anggota partai yang mengutuk komentar tersebut, dengan Barwell menyebutnya sebagai "fitnah keji". Dewan Muslim Inggris menyebutnya sebagai "jijik" dan ekstremis.

Anderson, yang sekarang akan duduk sebagai anggota parlemen independen, mengatakan pada Sabtu malam bahwa ia memahami komentarnya telah membuat Hart dan Sunak dalam "posisi sulit" tetapi ia tidak meminta maaf.

Sunak, yang belum mengomentari skandal tersebut, dan pihak konservatif mendapat kritik dari Khan dan pemimpin Partai Buruh Keir Starmer. Khan mengecam "diamnya yang menggema" dari pemimpin Konservatif dan menteri senior, dengan mengklaim bahwa hal itu sama dengan memberikan persetujuan terhadap rasisme. 

Baca juga : Liz Truss, Mantan PM Inggris, Luncurkan Gerakan Popular Conservatism

Starmer mempertanyakan kebijaksanaan menunjuk Anderson sebagai wakil ketua Tory tahun lalu. Anggota parlemen yang kontroversial itu mundur dari jabatan tersebut bulan lalu sehingga dapat memberontak terhadap pemerintahan Sunak terkait imigrasi.

Komentar Anderson mengikuti pernyataan mantan menteri dalam negeri Suella Braverman yang juga mengklaim dalam sebuah artikel surat kabar bahwa "Islamis, ekstremis, dan anti-Semit sekarang yang berkuasa." 

Ia memberikan respons sebagian terhadap kekacauan di Dewan Rakyat akhir pekan lalu terkait mosi-mosi bersaing yang meminta gencatan senjata dalam konflik Gaza.

Juru bicara Lindsay Hoyle menghadapi kecaman keras karena tidak mengikuti praktik biasa pada hari itu dan memungkinkan pemungutan suara terhadap amendemen Partai Buruh terhadap mosi. 

Hoyle mengatakan ia ingin perdebatan sebanyak mungkin tentang masalah tersebut, tetapi juga mencatat bahwa ia ingin meredakan ancaman kekerasan terhadap anggota parlemen yang sejauh ini belum memberikan suara untuk gencatan senjata di Gaza. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat