visitaaponce.com

Blinken Janjikan Tambahan Dana US133 Juta untuk Bantu Krisis di Haiti

Blinken Janjikan Tambahan Dana US$133 Juta untuk Bantu Krisis di Haiti
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengumumkan tambahan dana sebesar US$133 juta untuk mendukung Haiti.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, berjanji memberikan tambahan dana sebesar US$133 juta guna mendukung Haiti, sambil menyatakan urgensi penempatan pasukan multinasional di tengah krisis yang semakin memburuk.

Dalam pidato di Konferensi Darurat Karibia di Jamaika, Blinken mengumumkan Amerika Serikat akan mengalokasikan tambahan US$100 juta untuk Misi Dukungan Keamanan Multinasional yang akan datang, serta bantuan kemanusiaan segera sebesar US$33 juta. Dengan tambahan ini, total sumbangan AS untuk Haiti selama krisis berkepanjangan ini mencapai US$333 juta.

Haiti telah lama menderita akibat kemiskinan yang melanda, bencana alam, dan ketidakstabilan politik, namun situasinya semakin parah sejak pembunuhan Presiden Jovenel Moise tahun 2021. Kelompok bersenjata yang mengendalikan sebagian besar wilayah negara dan sebagian besar ibu kota telah melakukan aksi kekerasan sejak pekan lalu.

Baca juga : Blinken tiba di Kyiv Bawa Bantuan AS Sebesar US$1 miliar

Blinken menekankan "kekerasan yang terus meningkat menciptakan situasi yang tidak dapat diterima bagi rakyat Haiti, dan kita semua tahu bahwa tindakan mendesak diperlukan, baik dalam jalur politik maupun keamanan."

"Hanya rakyat Haiti yang dapat menentukan masa depan mereka sendiri - bukan dari pihak lain," tambah Blinken.

Meskipun demikian, ia menyatakan Amerika Serikat dan mitra-mitranya "dapat membantu mengembalikan keamanan dasar" dan mengatasi "penderitaan besar yang dialami oleh rakyat Haiti."

Selain AS, Kanada juga berkomitmen dengan menawarkan lebih dari US$91 juta, sementara negara-negara lain seperti Benin, Prancis, Jerman, Jamaika, dan Spanyol juga telah mengumumkan kontribusi keuangan atau logistik mereka.

Presiden Joe Biden telah menolak mengirimkan pasukan militer ke Haiti, dan fokus bantuan internasional lebih terarah pada bantuan kemanusiaan dan upaya pemulihan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat