visitaaponce.com

Kate Middleton Diapresiasi atas Pengakuan Kanker yang Jujur

Kate Middleton Diapresiasi atas Pengakuan Kanker yang Jujur
Kate Middleton, Putri Wales, mendapat pujian atas kejujuran dalam mengumumkan diagnosis kanker yang mengejutkan melalui video pribadinya. (AFP)

CATHERINE, Putri Wales, mendapat pujian Sabtu untuk video yang sangat pribadi mengumumkan diagnosis kankernya yang mengejutkan, yang datang hanya beberapa minggu setelah Raja Charles III mengungkap sedang berjuang melawan penyakit tersebut.

Pengakuan yang jujur, dirilis pada Jumat malam, meninggalkan monarki Inggris dalam krisis belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah modern dengan dua anggota senior terpentingnya secara bersamaan berjuang melawan penyakit serius.

Kepala negara Charles memimpin ucapan bela sungkawa untuk menantunya tercinta.

Baca juga : Kronologi Tanggal Penting dalam Diagnosis Kanker Charles dan Catherine

Monarki berusia 75 tahun yang sedang sakit itu berbicara tentang kebanggaannya atas "keberaniannya dalam berbicara seperti yang dia lakukan," sesaat setelah Kensington Palace memposting video tersebut di media sosial.

Setelah kata-kata hangat lainnya dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Gedung Putih, surat kabar Inggris langsung mengutip Kate di halaman depan Sabtu mereka sambil juga memuji "keberaniannya" di halaman dalam.

"Kate, kau tidak sendiri" tulis depan tabloid The Sun.

Baca juga : Dukungan Hangat untuk Kate Middleton Pascadiagnosis Kanker

"Kate yang berwibawa mendapat simpati bangsa," tulis kolumnis The Standard Rachel Johnson, saudara perempuan mantan perdana menteri Boris Johnson.

Tuntutan 'Privasi'

Dalam pernyataannya, Kate, seperti yang dikenal banyak orang berusia 42 tahun itu, mengakui diagnosis tersebut merupakan "kejutan besar" dan meminta "waktu, ruang, dan privasi" saat dia menjalani kemoterapi untuk kanker yang tidak disebutkan jenisnya.

Dalam video tersebut dia menegaskan bahwa dia "sehat dan semakin kuat setiap hari".

Baca juga : Harry dan Meghan Mengucapkan Harapan Kesembuhan Kate Middleton dari Kanker

Dia mengatakan mereka butuh waktu untuk menjelaskan situasi tersebut kepada Pangeran George, 10, Putri Charlotte, 8, dan Pangeran Louis, 5, dan meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja.

"William dan saya telah melakukan segala yang kami bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi kepentingan keluarga muda kami," tambah Kate.

Komentator memuji sifatnya yang jujur, dengan putri tersebut berbicara langsung ke kamera sambil duduk di bangku taman.

Baca juga : Putri Catherine dan Kanker: Apa Itu Kemoterapi Pencegahan?

"Banyak orang akan sangat terharu oleh cara dia berperilaku selama siaran dua menit lebih," kata pakar kerajaan Richard Fitzwilliams kepada AFP.

"Tetapi tidak ada keraguan sama sekali bahwa ini adalah waktu yang sangat, sangat sulit bagi institusi monarki," tambahnya, mencatat bahwa "hampir tidak mungkin" untuk merencanakan apa pun saat ini yang melibatkan Charles atau Kate.

Masalah Kesehatan Kerajaan

Istana Buckingham mengumumkan pada 5 Februari tes telah mengidentifikasi Charles menderita "sejenis kanker", tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca juga : Kate Middleton Didiagnosa Kanker dan Jalani Kemo

Penemuan tersebut dilakukan ketika Charles menjalani operasi untuk prostat yang membesar namun jinak.

Dia telah membatalkan semua kegiatan publik kecuali audiensi dengan perdana menteri dan duta besar, dan bekerja pada dokumen-dokumen resmi sambil menjalani perawatan.

Dia telah difoto beberapa kali sejak itu, dan terlihat menghadiri gereja.

Baca juga : Pangeran William Muncul Usai Raja Charles III Divonis Kanker 

William, Kate, dan anak-anak mereka dipandang sebagai wajah modern keluarga kerajaan Inggris, dan kunci untuk masa depannya saat menghadapi dukungan yang menurun di kalangan orang muda dan meningkatnya sentimen republik.

Terakhir kali dia terlihat dalam sebuah kegiatan publik pada 25 Desember, saat dia bergabung dengan raja dan anggota kerajaan senior lainnya dalam ibadah Natal di gereja.

Kensington Palace mengumumkan pada 17 Januari dia menghadapi hingga dua minggu di rumah sakit dan beberapa bulan pemulihan setelah menjalani operasi abdomen.

Baca juga : Pangeran Harry Terbang ke London Menjenguk Raja Charles III Usai Diagnosa Kanker

Dia tidak diharapkan siap untuk kembali melakukan tugas-tugas publik sampai setelah Paskah pada 31 Maret, pernyataan pada saat itu mengatakan.

Pejabat kerajaan tidak mengungkapkan secara pasti apa penyakitnya, tetapi mengatakan bahwa itu tidak terkait dengan kanker.

Melakukan yang Terbaik

Pengumuman Jumat tiba-tiba merubah asumsi-asumsi tersebut, dengan Kate mengungkapkan tes setelah operasi menemukan keberadaan kanker dan ia kini menjalani kemoterapi pencegahan.

Baca juga : Gedung Putih Mendoakan Kesembuhan Kate setelah Berita Kanker

Kensington Palace mengatakan dia akan kembali ke tugas resmi ketika dia dinyatakan siap oleh tim medisnya.

"Kemoterapi pencegahan setelah operasi diberikan untuk mengurangi risiko kanker kembali di masa depan," kata Andrew Beggs, seorang senior clinical fellow dan konsultan bedah kolorektal di University of Birmingham.

Dia menambahkan "sedikit seperti membersihkan lantai dengan pemutih saat Anda tumpah sesuatu di atasnya", mencatat kemoterapi "membunuh sel-sel yang tumpah".

Baca juga : Catherine, Putri Britania yang Kuat: Peran, Pengabdian, dan Tantangan

Orang-orang di luar Buckingham Palace pada Jumat berbicara tentang kejutan mereka atas berita tersebut, meskipun berminggu-minggu spekulasi seputar kesehatan Kate.

"Saya pikir mereka benar-benar melakukan yang terbaik untuk menyeimbangkannya," kata wisatawan Amerika Hannah Dickerson, 20 tahun.

"Itu mereka menyeimbangkan bagaimana memberi tahu publik tetapi juga secara pribadi memastikan bahwa mereka melakukannya sesuai dengan syarat mereka sendiri." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat