visitaaponce.com

NASA Mengumpulkan Sampah Luar Angkasa yang Jatuh ke Rumah Pria di Florida

NASA Mengumpulkan Sampah Luar Angkasa yang Jatuh ke Rumah Pria di Florida
NASA menganalisis objek yang jatuh dari langit dan menembus rumah seorang pria di Florida, yang diduga potongan dari sampah luar angkasa. (futurism)

NASA mengatakan sedang menganalisis objek yang jatuh dari langit ke rumah seorang pria di Florida,  yang kemungkinan merupakan potongan sampah yang dilepas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Alejandro Otero dari Naples, Florida, memposting di X bahwa barang itu "merobek atap dan menembus 2 lantai" rumahnya, hampir mengenai anaknya, pada 8 Maret.

Dia percaya itu adalah potongan dari palet kargo yang berisi baterai-baterai lama yang tim-tim kontrol darat NASA lepaskan dari pos orbit tahun 2021.

Baca juga : Mengenal Sampah Luar Angkasa dan Cara Penanganannya di Masa Depan

Menurut proyeksi resmi, seharusnya itu terbakar dengan aman di atmosfer Bumi pada tanggal 8 Maret. Otero juga memposting cuplikan dari kamera video rumah Nest-nya di mana dia mengatakan suara itu menembus atapnya bisa terdengar pukul 2:34 sore.

"Jadi itu pukul 1934 UTC, yang sangat konsisten dengan perkiraan reentry Space Force di atas Teluk pada pukul 1929 UTC," tulis ahli astrofisika terkenal Jonathan McDowell, sebagai tanggapan. "Saya pikir Anda mungkin benar dan itu adalah potongan dari reentry palet baterai EP-9."

Berita ini pertama kali dilaporkan situs berita lokal winknews.com pada 15 Maret.

Baca juga :  Planet Mars Tercemar Jutaan Sampah akibat Eksplorasi Manusia

"NASA mengumpulkan sebuah barang dengan kerjasama pemilik rumah, dan akan menganalisis objek tersebut di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida sesegera mungkin untuk menentukan asal-usulnya," kata agensi antariksa itu dalam sebuah pernyataan kepada AFP pada hari Selasa. "Informasi lebih lanjut akan tersedia setelah analisis selesai."

Laporan oleh outlet berita khusus Ars Technica mengatakan meskipun baterai-baterai tersebut dimiliki oleh NASA, mereka terpasang pada struktur palet yang diluncurkan oleh agensi antariksa Jepang, yang berpotensi mempersulit klaim tanggung jawab.

Contoh-contoh sebelumnya dari sampah luar angkasa buatan manusia yang jatuh ke Bumi termasuk bagian dari kapsul SpaceX Dragon yang mendarat di sebuah peternakan domba di Australia pada tahun 2022. Skylab, stasiun luar angkasa pertama Amerika Serikat, jatuh di Australia Barat.

Lebih baru-baru ini, Tiongkok telah dikritik oleh NASA karena membiarkan roket Long March raksasanya jatuh kembali ke Bumi setelah mengorbit. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat