visitaaponce.com

Banjir, Ratusan Warga Australia Dievakuasi

Banjir, Ratusan Warga Australia Dievakuasi
Jalan yang banjir terlihat di Narrabeen Utara pinggiran Sydney pada 6 April 2024, setelah hujan lebat melanda negara bagian New South Wales.(AFP/Glenn Nicholls)

BANJIR yang meluas di New South Wales, Australia, pada Minggu (7/4), Australia, menyebabkan ratusan orang harus diselamatkan. Curah hujan yang tinggi pada awal akhir pekan ini menimbulkan banjir yang merendam 300 rumah.

Banjir telah menyebabkan kerusakan luas di seluruh negara bagian dalam waktu yang sangat singkat, kata Menteri Federal untuk Manajemen Darurat Catherine King. "Pemerintah New South Wales terus melakukan penilaian kerusakan dan memahami dampak bencana ini," tambah King.

Kru darurat telah melakukan sekitar 200 penyelamatan banjir sejak Jumat (5/4), kata Menteri Negara untuk Layanan Darurat Jihad Dib, ketika beberapa daerah terputus oleh jalan yang rusak atau terendam banjir.

Baca juga : Generasi Z Harus Ambil Bagian dalam Upaya Mitigasi Perubahan Iklim

Sekitar 5.000 relawan telah bekerja sepanjang malam membantu mereka yang terkena dampak, tambahnya. Komisaris darurat negara bagian Carlene York mengatakan 60 peringatan masyarakat masih berlaku di wilayah yang terkena dampak banjir.

Bantuan bencana telah disalurkan oleh para pejabat di banyak daerah untuk membantu menutupi biaya pembersihan dan membayar akomodasi darurat. Ini merupakan banjir ketujuh di wilayah tersebut dalam 18 bulan terakhir.

Para peneliti telah berulang kali memperingatkan bahwa perubahan iklim memperbesar risiko bencana alam seperti banjir, kebakaran hutan, dan angin topan. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat