visitaaponce.com

Sebanyak 19 Persen Wilayah Indonesia Memasuki Musim Kemarau

Sebanyak 19 Persen Wilayah Indonesia Memasuki Musim Kemarau
Sebagian wilayah Indonesia masuk musim kemarau(Antara)

BERDASARKAN hasil monitoring perkembangan musim kemarau 2024, sebanyak 19% dari total zona musim di Indonesia telah masuk musim kemarau. Wilayah tersebut meliputi Aceh, Sumatra Utara dan Riau, pesisir utara dan selatan pulau Jawa, Bali bagian selatan, NTB dan sebagian NTT.

“Sebagian besar wilayah Indonesia termonitor masih mengalami hujan dan hari tanpa hujan kategori sangat pendek, yakni satu sampai lima hari,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (28/5).

Ia menjelaskan, sejumlah wilayah sudah memiliki hari tanpa hujan dengan kategori sangat panjang, yakni Jawa, Bali, NTB dan NTT dengan hari tanpa hujan selama 31-60 hari. Adapun, hari tanpa hujan terpanjang terjadi di Kebun Benih Kalinyamatan, Jawa Tengah, yakni selama 41 hari.

Selain itu ia menjelaskan, selama tiga dasarian terakhir, yakni pertengahan April 2024 hingga awal Mei 2024, curah hujan dasarian umumnya berkisar pada kategori rendah hingga menengah. Bahkan pada dasarian I Mei dan dasarian II Mei, curah hujan kurang dari 20 mm/dasarian atau kategori sangat rendah terjadi di sebagian Sumatra, sebagian besar Jawa, Bali, NTB dan NTT. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat