visitaaponce.com

Ribuan Orang Protes di Chile, Tuntut Reformasi Sosial

Ribuan Orang Protes di Chile, Tuntut Reformasi Sosial
Ribuan warga Chile menggelar protes di Santiago, menyerukan agar Kongres menyetujui reformasi sosial yang telah lama dinanti. (AFP)

RIBUAN warga Chile turun ke jalan-jalan Santiago, Kamis (11/4), mendorong Kongres menyetujui reformasi sosial yang telah lama dinanti di negara yang dilanda ketimpangan yang akar-akarnya.

Demonstrasi massa ini adalah yang pertama kali dihadapi Presiden kiri Gabriel Boric sejak berkuasa pada 2022 dengan program ambisius untuk mereformasi sistem pensiun, perawatan kesehatan, pendidikan, dan hukum ketenagakerjaan untuk mengatasi disparitas ini.

Namun, paket reformasi tersebut terhenti di Kongres, dengan pemerintah tidak dapat mencapai kesepakatan dengan oposisi kanan.

Baca juga : Polisi Prancis Tangkapi Kelompok Penolak UU Pensiun dan Tuai Kecaman 

"Ada sebuah kanan yang membela seluruh dunia bisnis... dan memiliki mayoritas di parlemen tidak memungkinkan reformasi untuk maju," kata Silvia Silva, seorang guru taman kanak-kanak berusia 43 tahun yang turut dalam mars.

Pada 2019, ketidakpuasan yang meningkat atas ketidaksetaraan meledak menjadi protes yang dimulai setelah kenaikan tarif metro.

Para pengunjuk rasa menuntut perubahan pada model ekonomi di mana perawatan kesehatan, pendidikan, dan pensiun dijalankan secara privat dan ada jurang besar antara kaya dan miskin.

Baca juga : Peraih Nobel Annie Ernaux Kutuk Pelecehan Polisi Prancis kepada Demonstran Macron

Protes yang belum pernah terjadi sebelumnya mendorong kongres setuju untuk mengadakan referendum tentang mengubah konstitusi era diktator Chile.

Meskipun dukungan yang sangat besar untuk piagam baru, pemilih dua kali menolak rancangan yang diajukan dan Boric mengatakan dia sudah selesai mencoba mereformasinya.

Boric, 38 tahun, juga mengalami kegagalan legislatif yang sulit pada Maret tahun lalu, ketika anggota parlemen menolak rancangan undang-undang pajak yang bertujuan untuk membiayai perluasan sistem keamanan sosial.

"Kami ingin membuat panggilan kepada pemerintah untuk benar-benar mendengarkan... gerakan sosial," kata David Acuna, presiden Pusat Bersatu Pekerja Chile, serikat pekerja yang mengadakan protes tersebut. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat