visitaaponce.com

PBB Gelar Pertemuan Darurat Bahas Serangan Iran ke Israel

PBB Gelar Pertemuan Darurat Bahas Serangan Iran ke Israel
Ilustrasi: Dewan Keamanan PBB(AFP/Charly TRIBALLEAU)

Dewan Keamanan PBB akan mengadakan pertemuan darurat pada Minggu (14/4)mengenai serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran yang  terhadap Israel, kata ketua badan tersebut.

"Pertemuan tersebut rencananya akan diadakan pada pukul 16:00 (2000 GMT)  dan atas permintaan Israel," kata juru bicara Malta, yang memegang jabatan ketua bergilir organisasi tersebut bulan ini, kepada media pada Sabtu malam wakltu setempat.

Utusan Israel untuk PBB, dalam suratnya kepada presiden Dewan Keamanan, menyebut serangan udara Iran sebagai pelanggaran terhadap kedaulatan Israel. “Hari ini, Iran telah melancarkan serangan langsung dari dalam wilayahnya lebih dari 200 (drone), rudal jelajah dan rudal balistik ke arah Israel,” tulis Duta Besar Israel Gilad Erdan. “Serangan ini merupakan eskalasi yang parah dan berbahaya.”

Baca juga : Iran Serang Israel dengan Ratusan Drone dan Rudal

Erdan menuntut agar Dewan Keamanan“mengutuk Iran atas pelanggaran berat ini dan menetapkan Korps Garda Revolusi Islam (IGRC), angkatan bersenjata yang membela pemerintah revolusioner Teheran, sebagai organisasi teroris.

Kelompok-kelompok yang didukung Iran di Irak, Lebanon, Suriah, dan Yaman telah melakukan serangkaian serangan terhadap sasaran-sasaran Israel dan Barat sejak 7 Oktober, ketika Hamas yang didukung Iran melancarkan serangan terhadap Israel.

Serangan itu mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Sementara itu, aksi pembalasan Israel telah menewaskan sedikitnya 33.091 orang di Gaza, menurut kementerian kesehatan wilayah yang dikelola Hamas.(AFP/M-3)

 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat