visitaaponce.com

Rishi Sunak, PM Inggris, Minta Kepala Tenang Usai Serangan Iran ke Israel

Rishi Sunak, PM Inggris, Minta 'Kepala Tenang' Usai Serangan Iran ke Israel
PM Inggris Rishi Sunak meminta kewaspadaan dan mengonfirmasi pesawat tempur Inggris menembak jatuh drone Iran(AFP)

PERDANA Menteri Inggris, Rishi Sunak, meminta "kepala tenang untuk mendominasi" saat dia mengonfirmasi pesawat tempur Inggris telah menembak jatuh drone Iran selama serangan tak terduga Tehran terhadap Israel.

Israel dan sekutunya hampir berhasil menyergap semua misil dan drone yang ditembakkan oleh Iran selama serangan pertamanya terhadap wilayah Israel.

Sunak bergabung dengan pemimpin dunia lainnya dalam menyerukan kewaspadaan saat Presiden Iran, Ebrahim Raisi, memperingatkan terhadap "balasan" Israel yang "sembrono" terhadap serangan itu, yang menandai eskalasi besar-besaran dalam ketegangan Timur Tengah.

Baca juga : Lewati Laut Merah, Kapal Milik Warga Inggris-Israel Ditembak Roket

"Jika serangan ini berhasil, dampaknya terhadap stabilitas regional akan sulit untuk dijelaskan," kata Sunak kepada wartawan di Downing Street.

"Kami mendukung keamanan Israel dan wilayah lebih luas, yang tentu saja penting untuk keamanan kami di sini, dan yang kami butuhkan sekarang adalah kepala yang tenang untuk mendominasi.

"Kami akan bekerja dengan sekutu kami untuk menurunkan situasi ini dan saya menantikan untuk berbicara dengan pemimpin G7 nanti sore," tambah Sunak.

Baca juga : Pengamat: Serangan Balasan Iran Mengejutkan Israel

Dia juga mengonfirmasi laporan Inggris telah membantu Israel dan sekutu lainnya untuk menahan serangan-serangan tersebut.

Menteri Luar Negeri David Cameron mengatakan di situs media sosial X bahwa dia telah melakukan panggilan dengan rekan sejawatnya Iran, Hossein Amir-Abdollahian, dan "secara resmi mengutuk dengan keras serangan Iran terhadap Israel".

"Saya jelas menyatakan bahwa Iran harus menghentikan serangan-serangan sembrono ini, menurunkan eskalasi, dan melepaskan MSC Aries," katanya, merujuk pada kapal kontainer yang terkait dengan Israel yang disita, Sabtu, oleh Pasukan Garda Revolusi Iran.

Baca juga : Ribuan orang Berkumpul di Iran Dukung Serangan terhadap Israel

Cameron juga memanggil charge d'affaires kedutaan Iran di London, kata kementerian luar negeri.

"Pada saat ketegangan besar di Timur Tengah, (serangan itu) merupakan eskalasi yang sangat berbahaya dan tidak perlu oleh Iran," kata pernyataan kementerian itu.

Menteri Pertahanan Grant Shapps mengatakan pesawat tempur Inggris telah "menyergap dan menghancurkan beberapa drone serangan satu arah yang diluncurkan oleh Iran dan proxynya".

Baca juga : Iran Benarkan Telah Tembakkan Drone dan Rudal ke Israel

Dia mengatakan di X bahwa drone-drone tersebut "mengancam nyawa warga sipil" dan bahwa semua pesawat Inggris "kembali dengan aman ke pangkalan".

Kementerian pertahanan telah mengatakan pada Sabtu malam, mereka telah mengirimkan pesawat tempur tambahan dan pesawat pengisian bahan bakar udara ke Timur Tengah menghadapi ancaman Iran terhadap Israel.

Pesawat-pesawat tersebut memperkuat operasi Inggris yang sudah ada di Irak dan Suriah melawan kelompok Negara Islam, tambah kementerian itu.  (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat