visitaaponce.com

5 Negara Asia Ini Dilanda Cuaca Panas Ekstrem

5 Negara Asia Ini Dilanda Cuaca Panas Ekstrem
Negara di Asia yang mengalami cuaca panas ekstrem(AFP)

MUSIM panas telah tiba lebih awal, beberapa negara di Asia mengalami gelombang panas yang kemungkinan akan memecahkan rekor dan berpotensi merenggut nyawa. Hal ini diperkirakan akan menjadi lebih buruk ketika musim panas dimulai pada bulan Mei dan Juni. Negara manakah di Asia yang mengalami panas ekstrem?

Gelombang panas akan berdampak luas di beberapa wilayah terpadat di dunia, termasuk di negara Asia. Berikut daftar negara di Asia yang dilanda cuaca panas

1. India

Baca juga : Gara-gara Gelombang Panas, Aroma Cuan Durian Thailand tidak Lagi Semerbak Dulu

Di negara Asia Selatan, Beberapa wilayah di India mencatat suhu tinggi lebih dari 43,3 derajat celcius pada bulan lalu. Pada 21 April, warga kota Bagdora bagian timur mengalami kepanasan karena suhu mencapai 45,5 derajat Celcius.

2. Filipina

Kondisi gelombang panas juga terjadi sangat parah di Asia Tenggara, khususnya di Filipina. Beberapa wilayah di Filipina diketahui menutup ribuan sekolah pada awal April karena kekeringan dan suhu yang mencapai 38,8 derajat celcius pada Sabtu, (27/4).

Jutaan siswa di Filipina diperintahkan untuk tinggal di rumah pada Senin, 29 April 2024, setelah pihak berwenang menangguhkan kelas tatap muka selama dua hari. Kementerian Pendidikan negara tersebut telah memerintahkan siswa di lebih dari 47.000 sekolah negeri untuk beralih ke kelas online.

Baca juga : 2023 Jadi Tahun Terpanas Sejak Era Praindustri, Hasil Studi Copernicus

3. Thailand

Tak hanya di Filipina, di Thailand Utara, pihak berwenang pun mendesak masyarakat untuk tinggal di rumah jika memungkinkan, karena jumlah korban tewas akibat gelombang panas tahun ini telah mencapai 30 orang dan suhu mencapai 44 derajat Celcius.

Menurut perkiraan Departemen Meteorologi Thailand, selama musim kemarau tahun ini, yang biasanya berlangsung dari akhir Februari hingga akhir Mei, suhu diperkirakan 1 hingga 2 derajat celcius lebih panas dibandingkan tahun lalu, dan curah hujan diperkirakan lebih rendah dari biasanya.

4. Myanmar

Cuaca panas lainnya juga terjadi di Myanmar. Myanmar mencatat rekor suhu sekitar 46,1 derajat celcius, dengan indeks panas yang jauh lebih tinggi. Indeks panas adalah ukuran suhu sebenarnya yang memperhitungkan kelembapan, kecepatan angin, dan faktor lainnya. 

5. Vietnam

Vietnam, suhunya melebihi 43,8 derajat celcius. Badan cuaca nasional memperingatkan akan adanya risiko kebakaran hutan, dehidrasi, dan serangan panas. 

Di samping itu, sejarawan iklim Maximiliano Herrera mengatakan dalam sebuah postingan di media sosial bahwa ribuan peristiwa kejam yang tercatat di seluruh Asia, menjadikannya peristiwa paling ekstrem dalam sejarah iklim global. Ia juga mengatakan gelombang panas akan mereda di seluruh dunia dalam beberapa hari, kecuali di negara Asia, Thailand. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat