visitaaponce.com

Symphony of Friendship Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Austria

Symphony of Friendship Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Austria
Perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia Austria.(MI/MEILANI TENIWUT)

DALAM rangka memperingati momen bersejarah 70 tahun hubungan diplomatik yang erat antara Indonesia dan Austria, sebuah perayaan megah bertajuk Symphony of Friendship atau "Simfoni Persahabatan" digelar hari ini, Rabu (8/5).

Pengelaran konser musik ini akan dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra bersama Batavia Madrigal Singers, dan dipersembahkan oleh pemain biola muda berbakat asal Austria, Julian Walder, yang akan membawakan karya dari Korngold Violin Concerto in D major OP.35.

Dalam kolaborasi ini, Duta Besar Austria untuk Indonesia, Thomas Lodl, mengungkapkan harapannya agar melalui kesempatan ini, pengetahuan tentang musik tradisional Austria dapat tersebar luas, termasuk di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Daehong Communications Indonesia Raih Penghargaan dari Duta Besar Korea

“Kolaborasi di berbagai bidang selama 70 tahun telah membawa kemajuan yang signifikan bagi Austria dan Indonesia. Symphony of Friendship menjadi wujud nyata persahabatan yang terjalin erat. Saya berharap ke depannya hubungan ini semakin diperkuat. Konser ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda di Indonesia dan Austria untuk terus berkarya dan menjalin hubungan yang erat di masa depan,” terangnya saat konferensi pers di Inews Tower, Jakarta, Rabu (8/5).

Sementara itu, Avip Priatna, selaku direktur dan konduktor Jakarta Concert Orchestra, mengatakan, "Simfoni ini adalah sebuah karya yang ditulis untuk orkestra, dan kemudian orkestra ini menjadi media persahabatan dari kedua negara. Nanti kami akan mempersembahkan musik-musik orkestra, tetapi tentu akan dikemas dengan berbagai karya yang ditulis oleh komposer Austria dan juga komposer Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut, Avip menjelaskan bahwa konser tersebut akan terbagi menjadi dua bagian yang menampilkan dua jenis musik berbeda, yakni klasik Austria dan lagu-lagu Indonesia yang diaransemen ulang.

Baca juga : DPR Harap Kroasia Jadi Pintu Masuk Ekspor CPO Indonesia ke Eropa

Pada bagian pertama konser, akan dipertunjukkan karya-karya dari komposer Austria terkenal, Anton Bruckner, dengan judul "Overture". Jakarta Concert Orchestra bersama Batavia Madrigal Singers akan menyajikan sebuah operet dari Johann Strauss sebagai bagian dari babak pertama ini.

Tak hanya sampai di situ, sebuah karya waltz dari Johann Strauss yang diaransemen dengan lagu daerah Tapanuli berjudul "Lisoi" juga akan ditampilkan. Selain itu, beberapa lagu daerah Indonesia juga akan dipentaskan bersama dengan Julian Walder.

Dan pada bagian kedua konser "Symphony of Friendship", akan ditampilkan karya-karya dari komposer penting abad ke-20, Erich Wolfgang Korngold, termasuk musik latar dari film "The Adventures of Robin Hood".

Baca juga : Dubes Lyudmila: Rusia-Indonesia Terus Jalin Hubungan Kemitraan Strategis

Seperti yang telah diketahui hubungan antara Indonesia dan Austria  mengalami perkembangan positif sejak keduanya menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1954.

Meskipun terpisah oleh jarak yang cukup jauh, Indonesia dan Austria memiliki kerja sama yang kuat di berbagai bidang, termasuk perdagangan, pariwisata, pendidikan, budaya, dan musik.

Melalui kolaborasi di bidang musik, Indonesia dan Austria dapat saling menghargai warisan musik budaya masing-masing, memperluas wawasan musikal, dan memperkuat ikatan budaya antara kedua negara.

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Austria pada tahun ini menjadi momentum yang tepat untuk juga merayakan perkembangan musik Indonesia berbasis orkestra.

Perlu diketahui bahwa konser ini tidak hanya berlangsung pada hari ini saja, namun akan dilanjutkan pada 12 Oktober 2024 mendatang sebagai pre-tour konser di Balai Resital Kartanegara. Sebagai puncaknya, pada minggu ke-3 bulan Oktober itu, Avip Priatna Mag.Art, bersama Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers, akan menggelar konser di kota Wina dan Salzburg di Austria, menandai momen penting dalam hubungan musikal antara kedua negara.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat