visitaaponce.com

Tradisi Subak Bali Diperkenalkan Joko Widodo di KTT WWF ke-10

Tradisi Subak Bali Diperkenalkan Joko Widodo di KTT WWF ke-10
Presiden Joko Widodo memperkenalkan sistem subak di Bali yang sudah dipraktikan sejak abad 11 di World Water Forum ke-10.(Tangkapan layar Youtube Sekretaria Presiden)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan sistem pengairan masyarakat Bali yang disebut subak di hadapan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia.

"Masyarakat kami memiliki nilai budaya terhadap air, salah satunya adalah sistem subak di Bali yang dipraktikkan sejak abad 11 yang lalu dan diakui sebagai warisan budaya dunia," kata Jokowi dalam pidatonya di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5).

Bagi masyarakat Bali, kata Jokowi, air adalah kemuliaan. Air mengandung nilai-nilai spiritual dan budaya yang harus dikelola bersama.

Baca juga : Presiden Jokowi: Kelangkaan Air Picu Perang dan Sumber Bencana

Jokowi mengatakan hal tersebut sejalan dengan tema KTT WWF ke-10 yaitu “Air bagi Kemakmuran Bersama”. Tema itu disebut dapat dimaknai berupa menghindari persaingan dan mendorong pemerataan.

Kemudian, mengedepankan kerja sama inklusif, termasuk penggunaan teknologi dan pembiayaan inovatif. Lalu, menyokong perdamaian dan kemakmuran bersama.

"Di mana ketiganya, hanya bisa terwujud dengan sebuah kata kunci, yaitu kolaborasi," ucap Jokowi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat