visitaaponce.com

Ancaman Kepala Mossad terhadap Jaksa ICC Dinilai Sangat Mengganggu

Ancaman Kepala Mossad terhadap Jaksa ICC Dinilai Sangat Mengganggu
Jaksa Agung Pengadilan Pidana Internasional, Fatou Bensouda(ICC)

TOBY Cadman, seorang spesialis hukum internasional, mengatakan harus ada "konsekuensi" menyusul laporan bahwa Jaksa Agung Pengadilan Pidana Internasional saat itu, Fatou Bensouda, diancam terkait penyelidikan kejahatan perang yang melibatkan Israel.

Cadman mengomentari laporan surat kabar The Guardian bahwa Yossi Cohen, mantan kepala Mossad, agen intelijen luar negeri Israel, diduga mencoba memberikan tekanan kepada Bensouda untuk meninggalkan penyelidikan tahun 2021 tentang dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di wilayah Palestina yang diduduki.

Cadman mengatakan sangat menghargai jaksa ICC "tidak tunduk pada tekanan itu".

Baca juga : Operasi Senyap Israel Targetkan ICC Sejak 2015

"Ketika kita melihat substansi dari apa yang diungkapkan dalam investigasi The Guardian... yaitu, tentu saja, campur tangan langsung dalam penyelidikan independen. Harus ada konsekuensi untuk itu," kata Cadman kepada Al Jazeera.

"Kita mengandalkan lembaga-lembaga ini untuk dapat beroperasi independen dari tekanan politik dan ancaman langsung semacam ini kepada pejabat paling senior dari sisi penuntutan sangatlah mengganggu," katanya.

The Guardian melaporkan bahwa Bensouda telah memberikan informasi kepada sekelompok kecil pejabat ICC senior tentang upaya Cohen untuk meyakinkannya dan bahwa dia khawatir tentang "sifat perilaku yang menakutkan dan mengancam" dari perilaku tersebut. (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat