visitaaponce.com

Gedung Putih Tolak Usulan Sanksi terhadap Pejabat ICC

Gedung Putih Tolak Usulan Sanksi terhadap Pejabat ICC 
Gedung Putih menolak proposal di Kongres AS yang akan memberikan sanksi terhadap pejabat ICC atas penuntutan terhadap pemimpin Israel(AFP)

GEDUNGPutih menyatakan keberatan terhadap proposal di Kongres AS yang akan menghukum pejabat Pengadilan Pidana Internasional (ICC), atas penuntutan terhadap pemimpin Israel atas tuduhan kejahatan perang.

Gedung Putih menggambarkan dorongan Jaksa Penuntut ICC, Karim Khan, untuk penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yaov Gallant sebagai "sembrono." Namun, Gedung Putih menolak memberlakukan sanksi terhadap personel ICC.

“Ada cara yang lebih efektif untuk mempertahankan Israel, menjaga posisi AS tentang ICC, dan mempromosikan keadilan dan pertanggungjawaban internasional, dan administrasi siap untuk bekerja dengan Kongres mengenai pilihan-pilihan tersebut,” kata Gedung Putih.

RUU tersebut, yang memiliki puluhan sponsor di Dewan Perwakilan Rakyat, juga akan memungkinkan sanksi terhadap entitas dan individu asing yang membantu dalam penyelidikan ICC terhadap Israel.

Anggota legislatif AS dari kedua partai besar secara luas mendukung Israel. Minggu lalu, Netanyahu menerima undangan dari para anggota legislatif AS papan atas untuk memberikan pidato bersama di hadapan sidang gabungan Kongres. (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat