visitaaponce.com

Zelenskyy Puji Dukungan Filipina Terhadap Ukraina

Zelenskyy Puji Dukungan Filipina Terhadap Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky(AFP)

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelenskyy bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Manila pada Senin (3/6). Zelenskyy mengucapkan terima kasih atas dukungannya dan posisi yang jelas terhadap invasi Rusia ke wilayahnya.

Kedua pemimpin bertemu di istana kepresidenan Filipina, setelah Zelenskyy tampil secara tak terduga di konferensi keamanan terbesar Asia di Singapura pada akhir pekan, kunjungan keduanya ke Asia sejak invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022.

Zelenskyy, yang mengenakan kemeja hitam dan celana kargo, menandai kunjungan pertamanya ke Filipina sejak terpilih pada tahun 2019.

Baca juga : Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Panggil Pemimpin Dunia untuk Konferensi Perdamaian Usai Serangan di Kharkiv

“Terima kasih atas undangan ini dan kami sangat bersyukur berada di negara Anda yang mendukung Ukraina, integritas wilayah dan kedaulatan kami,” kata Zelenskyy kepada Marcos.

“Terima kasih banyak atas kata-kata besar Anda, dan sikap jelas Anda terhadap kami, mengenai pendudukan Rusia di wilayah kami,” tambahnya.

"Ukraina juga akan membuka kedutaan besar di Manila tahun ini," kata Zelenskyy

Baca juga : Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Khawatir Serangan Baru Rusia di Kharkiv

Zelenskyy berpidato di hari terakhir forum Dialog Shangri-La, meminta dukungan dan partisipasi pada pertemuan puncak di Swiss yang direncanakan pada 15-16 Juni yang bertujuan untuk membawa perdamaian ke negaranya yang dilanda perang.

Sementara, Marcos menyampaikan pidato utama di forum tersebut, mengkritik agresi ilegal dan koersif di Laut Cina Selatan, tanpa menyebut nama Tiongkok.

Marcos mengatakan kepada Zelenskyy bahwa dia merasa terhormat pemimpin Ukraina itu mengunjungi Manila.

Baca juga : Rusia Masukkan Volodymyr Zelensky dalam Daftar Buronan

“Senang sekali bisa bertemu, berdiskusi, isu-isu yang umum terjadi di kedua negara, dan mudah-mudahan, kita bisa menemukan jalan bagi kita berdua bersama-sama,” ujar Marcos.

Rusia, yang menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi khusus”, belum diundang ke pertemuan puncak yang direncanakan di Swiss dan Tiongkok telah mengkonfirmasi bahwa mereka tidak akan hadir.

Zelensky telah mendesak Presiden AS Joe Biden untuk hadir, namun Washington belum mengkonfirmasi siapa yang akan diutusnya.

Saat berada di Singapura, Zelenskyy mengatakan pada konferensi pers bahwa dia tidak dapat bertemu dengan delegasi Tiongkok di konferensi tersebut dan kecewa karena Beijing tidak menghadiri KTT tersebut. (CNA/Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat