visitaaponce.com

Gunung Etna di Italia Meletus Muntahkan Asap dan Debu

Gunung Etna di Italia Meletus Muntahkan Asap dan Debu
Ilustrasi gunung berapi meletus.(AFP)

GUNUNG Etna di Italia, salah satu gunung berapi paling aktif di Eropa, meletus dahsyat disertai lava dan abu pada Jumat (5/7) waktu setempat.

Sebelumnya telah terjadi peningkatan aktivitas di gunung berapi kerucut setinggi sekitar 3.300 meter yang terletak di pulau Sisilia selama beberapa hari terakhir, menurut laporan media lokal.

Aktivitas terutama terlihat di kawah Voragine, yang mulai meletus dahsyat disertai lava dan abu. Aliran lava juga teramati dari kawah Voragine menuju kawah lainnya.

Baca juga : Kawasan Gunung Berapi Campi Flegrei Italia Dilanda Gempa Magnitudo 4,4  

Menurut perkiraan kantor wilayah Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi (INGV) Italia di Catania, abu yang dikeluarkan dari Etna mencapai ketinggian sekitar 4,5 kilometer dan bergerak ke arah tenggara.

Akibat awan abu, INGV mengeluarkan peringatan kode merah bagi pesawat yang melewati wilayah tersebut.

Departemen Perlindungan Sipil, yang berafiliasi dengan Kantor Perdana Menteri, juga mengeluarkan peringatan kode kuning akibat aktivitas gunung berapi itu. Aktivitas vulkanik seperti letusan abu dan lava dari Etna terlihat dari Catania dan kota-kota sekitarnya, dan abu juga dilaporkan menghujani Catania.

Gunung Etna merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Eropa, meletus dahsyat terakhir kali mengeluarkan abu dan lava pada Desember 2023. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat