visitaaponce.com

Lagi, Bill Gates Jadi Orang Terkaya Sejagat

Lagi, Bill Gates Jadi Orang Terkaya Sejagat
Lagi, Bill Gates Jadi Orang Terkaya Sejagat(AFP/LAURENCE CHU)

PENDIRI Microsoft, Bill Gates, kembali menduduki puncak daftar orang terkaya sejagat versi majalah Forbes. Ia mengungguli lebih dari 2.000 miliarder dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang kali ini mesti tergelincir lebih dari 200 level.

Gates dengan kekayaan diperkirakan US$86 miliar (Rp1.145 triliun) memimpin daftar Forbes untuk empat tahun berturut-turut, dan telah memuncaki peringkat sebagai orang terkaya di dunia selama 18 dari 23 tahun terakhir.

"Ada 183 miliarder teknologi seluruhnya dengan gabungan US$1 triliun kekayaan,” kata Forbes.

Gates diikuti oleh kepala Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dengan kekayaan diperkirakan US$75,6 miliar. Kekayaan Buffet naik US$14,8 miliar dari daftar 2016, meskipun janjinya akan mendermakan 99% dari kekayaannya.

Figur lain dalam 10 besar termasuk pendiri Amazon, Jeff Bezos yang naik ke peringkat tiga. Perusahaannya beroleh keuntungan terbesar dari setiap orang di planet ini, yakni US$27,6 miliar, membuat pundi-pundi kekayaanya meningkat drastis menjadi US$72,8 miliar.

Kreator Facebook Mark Zuckerberg menempati posisi nomor lima dan salah satu pendiri Oracle, Larry Ellison, di peringkat ketujuh.

Forbes mencatat di antara 10 miliarder teratas, kelompok didominasi oleh pebisnis AS dan banyak berasal dari sektor teknologi.

Sementara itu Trump terjerembab 220 tingkat ke posisi 544 dengan estimasi kekayaan US$3,5 miliar (Rp46 triliun), menurun US$1 miliar dari tahun lalu.

Forbes menyebut penyebab penurunan pundi-pundi Trump akibat kelesuan di pasar realestat Manhattan, kantung kekayaannya. "40% dari kekayaan Donald Trump terikat dalam Trump Tower dan 8 bangunan dalam radius satu mil dari itu," ujar Forbes.

Kekayaan Trump juga terkuras US$66 juta untuk belanja politik kampanye presiden yang sukses mengantarkannya ke Gedung Putih, serta US$25 juta untuk menyelesaikan proses pengadilan. (AFP/X-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ahmad Punto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat