visitaaponce.com

Ahli Medis Bantah Nyamuk Wolbachia Sebarkan Genetik LGBT

Ahli Medis Bantah Nyamuk Wolbachia Sebarkan Genetik LGBT
Ilustrasi nyamuk wolbachia(Istimewa)

Dokter spesialis penyakit dalam Zubairi Djoerban membantah isu yang menyebut nyamuk pembawa bakteri Wolbachia atau yang juga dikenal dengan nyamuk Bill Gates bisa menularkan genetik LGBT. Melalui akun media sosialnya, ia menjelaskan nyamuk Wolbachia merupakan bagian dari proyek yang dikembangkan World Mosquito Program (WMP), sebuah perusahaan di bawah naungan Monash University.

"Mungkin karena proyek ini mendapatkan dukungan dari Bill & Melinda Gates Foundation, jadi dikenal sebagai nyamuk Bill Gates," kata Prof Zubairi.

Lebih lanjut, Prof Zubairi menjelaskan bahwa tujuan utama proyek ini adalah menurunkan penyebaran demam berdarah dengue (DBD), demam kuning, dan chikungunya. Bakteri Wolbachia yang dimasukkan ke dalam nyamuk memiliki kemampuan melumpuhkan virus dengue yang ada di dalam tubuh nyamuk aedes aegypti. Menurutnya, itu mirip dengan vaksin yang menjadikan nyamuk tersebut tidak dapat menyebarkan virus ke manusia.

Baca juga: Kemenkes Tegaskan Wolbachia Tidak Timbulkan Penyakit Baru

Program penyebaran nyamuk Wolbachia di beberapa negara seperti Brasil, Panama, India, bahkan sudah menunjukkan kesuksesan dalam menekan kasus DBD.

DI Indonesia, program ini baru mulai dilakukan dan Yogyakarta menjadi salah satu daerah pilot project. penelitian dari UGM menunjukkan, setelah nyamuk Wolbachia disebar, terjadi penurunan kasus DBD hingga 77%. Presentase pasien DBD yang dirawat di rumah sakit juga turun hingga 86%.

Baca juga: Efektivitas Nyamuk Wolbachia Berbeda-beda di Tiap Negara

Kendati sudah menunjukkan hasil efektif, penolakan masih terjadi. Di Bali, penjabat gubernur menunda penyebaran nyamuk Wolbachia karena adanya ketidaksetujuan dari sebagian masyarakat. Beberapa warga khawatir kemungkinan mutasi. mereka memilih metode pembasmian nyamuk lain yang sudah terbukti efektif.

Prof Zubairi menegaskan bahwa menurut Environmental Protection Agency (EPA), nyamuk transgenik atau Wolbachia tidak menimbulkan risiko bagi manusia, hewan, atau lingkungan. Hanya nyamuk transgenik jantan yang dilepaskan karena tidak menggigit manusia, sehingga tidak membahayakan dan tidak ikut menyebarkan virus Zika serta patogen lainnya.

Dalam konteks ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa inovasi teknologi Wolbachia telah terbukti ampuh menurunkan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia. Teknologi ini telah diuji coba di beberapa kota, membuktikan efektivitasnya dalam menekan angka kasus DBD. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat