visitaaponce.com

Kasus DBD di Klaten Masih Tinggi, Ada 724 Kasus dan 28 Orang Meninggal

Kasus DBD di Klaten Masih Tinggi, Ada 724 Kasus dan 28 Orang Meninggal
Kasus DBD di Klaten tinggi(MI)

KASUS demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, masih bertahan pada tingkat yang tinggi dan terus bertambah. Hingga minggu ke-22 tahun ini, telah tercatat 724 kasus dengan 28 kematian.

Pada minggu ke-21, jumlah kasus DBD terlaporkan mencapai 633 kasus dengan 27 kematian. Artinya, dalam satu minggu terakhir, terjadi peningkatan sebanyak 91 kasus dan satu kematian.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Hanung Sasmito Wibowo, menyatakan hal ini saat dihubungi mediaindonesia.com pada Senin (10/6).

Baca juga : 27 Orang Meninggal dari 633 Kasus DBD di Klaten

"Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencatat 182 kasus dengan 10 kematian, maka kasus DBD tahun 2024 mengalami kenaikan yang cukup besar, sehingga perlu diwaspadai," jelasnya.

Dari total 724 kasus DBD tahun ini, tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Klaten. Dari 28 kematian yang terjadi akibat serangan nyamuk Aedes aegypti, sebagian besar korban adalah anak-anak berumur hingga 11 tahun.

Untuk mengendalikan penyebaran DBD yang masih tinggi saat ini, diperlukan langkah-langkah strategis seperti meningkatkan intensitas gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan optimalisasi juru pemantau jentik (jumantik).

"Peningkatan kasus DBD di Klaten tahun ini harus diwaspadai, dengan melakukan gerakan serentak PSN dua kali seminggu, menguras dan membersihkan tempat-tempat penampungan air, serta menjaga kebersihan lingkungan," tambahnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat