visitaaponce.com

DKPP Klaten Temukan Banyak Hewan Kurban tidak Memenuhi Batasan Umur

DKPP Klaten Temukan Banyak Hewan Kurban tidak Memenuhi Batasan Umur
Pemeriksaan hewan ternak di Pasar Prambanan(MI/Djoko Sardjono)

HEWAN ternak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, banyak ditemukan yang tidak layak untuk kurban pada Idul Adha 1445 H. Hasil pantauan tim Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten, hewan yang tidak layak untuk kurban itu terutama faktor kurang umur.

Menghadapi Idul Adha 1445 H, kebutuhan hewan kurban di Klaten untuk ternak sapi sebanyak 10.506 ekor, kambing sekitar 14.000 ekor, dan domba 13.000 ekor. Hewan kurban yang disiapkan baik di peternak, pengepul, maupun di pasar hewan dipantau tim DKPP Klaten.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Klaten, Triyanto, mengungkapkan bahwa sekitar 20% ternak sapi, kambing, dan domba para peternak dan pengepul yang akan dijadikan hewan kurban itu kurang umur, sehingga tidak layak untuk hewan kurban.

Baca juga : Peternak Sapi di Palu Antisipasi PMK menjelang Idul Adha

Hewan untuk kurban ada batasan umur. Untuk sapi batasan umur dua tahun, kambing satu tahun, dan domba enam bulan. Hewan yang tidak layak untuk kurban itu banyak di peternak dan pedagang,” katanya saat ditemui Media Indonesia di kantornya, Rabu (12/6).

Berdasarkan pantauan di peternak dan pedagang yang dilakukan tim DKPP Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, menurut Triyanto, banyak ditemukan hewan ternak besar dan gemuk tapi belum umur. Ini diketahui dari pemeriksaan gigi seri sapi yang belum berganti (poel).

DKPP Klaten pun menyarankan warga yang akan membeli hewan kurban agar dilihat giginya. Kalau gigi poel atau berganti besar berarti sudah layak sebagai hewan kurban. Karena, banyak hewan kurban atau sekitar 20% hewan yang dijual di pasar belum memenuhi batasan umur.

“Demi keamanan, DKPP Klaten juga mengimbau para peternak dan pengepul tidak mendatangkan hewan ternak luar daerah Kabupaten Klaten. Karena, kita tidak tahu ternak dari luar daerah itu berpenyakit atau sehat. Pun, ketersediaan hewan kurban di Klaten sudah mencukupi,” ujarnya. (JS/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat