visitaaponce.com

Bill Gates Tetap Terkaya, Pundi-Pundi Trump Menyusut

Bill Gates Tetap Terkaya, Pundi-Pundi Trump Menyusut
Bill Gates Tetap Terkaya, Pundi-Pundi Trump Menyusut(AFP)

SIAPA orang kaya sejagat saat ini? Ternyata nama yang mencuat dan menempati posisi puncak bukanlah nama baru. Dalam deretan orang terkaya di dunia versi majalah Forbes tahun ini, nama Bill Gates tetap berada di urutan nomor wahid. Pundi-pundi kekayaan Gates, pendiri perusahaan perangkat komputer Microsoft, mengalahkan lebih dari 2.000 miliarder seantero dunia.

Sementara itu, posisi pengusaha realestat asal New York, AS, Donald Trump, yang menjadi Presiden AS, merosot tajam. Kekayaan Trump hanya berada di urutan ke-544. Gates yang memasuki usia 61 tahun itu diperkirakan memiliki harta mencapai US$86 miliar atau Rp1.145 triliun. Dengan nilai kekayaannya, tokoh filantropis itu menduduki urutan nomor satu dalam empat tahun secara berturut-turut.

Bukan hanya itu, suami Melinda Gates itu memuncaki peringkat sebagai orang terkaya dunia selama 18 tahun dalam 23 tahun terakhir. Gates yang mendirikan perusahaan Microsoft bersama Paul Allen masih belum tergeser. Dari ratusan jajaran orang terkaya dunia ternyata kalangan pengusaha yang bergerak di ranah teknologi sangat mendominasi. “Ada 183 miliarder teknologi seluruhnya dengan gabungan US$1 triliun kekayaan,” jelas pihak Forbes. Popularitas Trump setelah menjabat kursi presiden kian mencuat. Terlebih kebijakan pemerintahnya yang kontroversial menjadikan pria berambut jagung itu menjadi sorotan dunia.

Namun, dalam soal kekayaan, Trump tampaknya tak terlalu hoki. Posisi kekayaan pengusaha yang bergerak di properti dan pertelevisian itu anjlok 220 poin. Pundi kekayaan pria yang bernama lengkap Donald John Trump hanya berada di urutan ke-544. Politikus Partai Republik itu diestimasikan memiliki kekayaan US$3,5 miliar atau Rp46 triliun. Kekayaan Trump menyusut US$1 miliar jika dibandingkan dengan tahun lalu saat sebelum menjabat Presiden ‘Negeri Paman Sam.’

Kenapa kekayaan suami Melania Trump berkurang? Majalah Forbes menjelaskan penyebabnya ialah kelesuan pasar realestat sebagai ‘mesin uang’ Trump terutama di Manhattan. “Sebanyak 40% dari kekayaan Donald Trump tertanam dalam Trump Tower dan delapan bangunan dalam radius 1 mil dari itu,” papar majalah Forbes.

Tak hanya itu, Forbes mengungkapkan ‘kantong kekayaan’ Trump terkuras US$66 juta untuk biaya politik dalam kampanye pemilu presiden tahun lalu. Kendati cukup besar, ia masih beruntung akhirnya menempati Gedung Putih. Dana sekitar US$25 juta lainnya telah dikuras Trump untuk menyelesaikan proses pengadilan. Pasalnya, dia harus menyelesaikan tiga gugatan para mantan mahasiswa terkait dengan tuduhan penipuan Universitas Trump dengan ganti rugi US$25 juta. (AFP/Haufan Hasyim Salengke/I-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dedy P

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat