visitaaponce.com

Cegah Banjir, Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Margahayu Raya

Cegah Banjir, Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Margahayu Raya
Pembangunan kolam retensi pencegah banjir di Margahayu Raya(DOK/HUMAS PEMKOT BANDUNG)

PEMERINTAH Kota Bandung menyiapkan kolam retensi di kawasan Komplek Margahayu Raya. Kolam retensi ini diproyeksikan sebagai upaya pencegahan potensi banjir di kawasan Ciwastra dan Komplek Margahayu Raya.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna di Bandung, Sabtu (2/12)
menyebut proses pembangunan kolam retensi di Komplek Margahayu Raya progresnya berkisar sudah di angka 70%. Kolam retensi ini mampu
memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Bandung.

"Kontraknya itu sampai 30 Desember. Untuk peresmiannya bisa jadi di
akhir 2023 atau awal 2024. Yang saya lihat kebermanfaatannya bagi masyarakat Kota Bandung. Keberadaan kolam retensi ini bisa meminimalkan ancaman banjir," tambahnya.

Menurut Ema, di sekitar lokasi ada pesantren yang kerap dilanda banjir. Selain itu, kolam ini juga untuk meminimalkan banjir di kawasan Margahayu Raya, tepatnya di Jalan Jupiter Barat.

Nantinya ada 6 kolam dengan total keseluruhan daya tampung sekitar 2.339 meter kubik. Selain itu, di kawasan ini juga bakal ada amphitheater, ruang terbuka dan juga menjadi tempat berolahraga khususnya bagi warga di sekitar kolam retensi.

"Masyarakat bisa menikmatinya. Hadirnya kolam retensi ini diharapkan dalam meminimalkan banjir di kawasan Ciwastra, Rancabolang, Margahayu Raya hingga Derwati. Di kawasan ini, beberapa kolam retensi seperti kolam retensi Bandung Inten dan kolam retensi Rancabolang, jarak satu sama lain tidak terlalu jauh. (SG)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat