visitaaponce.com

Status Gunung Tangkubanparahu masih Normal

Status Gunung Tangkubanparahu masih Normal
Suasana di objek wisata kawah Tangkubanparahu(DOK/MI)

BEREDAR sebuah video yang memperlihatkan Gunung Tangkuban Parahu erupsi. Video berdurasi 6.30 menit itu tersebar di kalangan masyarakat pada Kamis (7/12) siang.

Dalam video terlihat embusan abu vulkanik berwarna hitam pekat menjulang tinggi ke udara. Terdengar suara teriakan dari pedagang dan pengunjung yang panik.

Terkait video tersebut, petugas Pengamat Gunungapi Tangkuban Parahu, Ilham Mardikayanta dan Adzan Anugrah Indiarsyah menyatakan, jika letusan itu merupakan video lama.

"Mengenai isu video yang beredar dan viral kembali, itu kejadian erupsi
tahun 2019 lalu," ungkap Adzan saat dikonfirmasi.

Ia mengungkapkan, kondisi Gunung Tangkuban Parahu saat ini masih level
normal. Tak terjadi peningkatan aktivitas seperti yang viral di media
sosial.

"Untuk tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu, sampai saat ini masih
Normal Level I," katanya.

Menanggapi video viral di media sosial, petugas BPBD Bandung Barat segera melakukan pengecekan ke lokasi. Hasilnya, dipastikan bahwa video tersebut bohong alias hoax.

"Selamat siang, hari ini Kamis 7 Desember 2023 bersama ini kami sampaikan bahwa kondisi Gunung Tangkuban Parahu pada hari ini baik-baik saja. Video ini saya ambil sengaja untuk menangkal video yang beredar di media sosial yang katanya gunung Tangkuban Parahu erupsi.
Sekali lagi saya informasi kan bahwa Tangkuban Parahu baik-baik saja dan video yang beredar di grup WA ataupun lainnya itu adalah berita hoax," ucap Suheri, petugas lapangan BPBD Bandung Barat melalui rekaman video langsung dari bibir kawah Tangkuban Parahu.

Menurut Suheri, pengunjung dan pedagang tak terpengaruh dengan video erupsi Gunung Tangkuban Parahu yang terjadi pada 2019 silam.

"Pengunjung dan pedagang tidak terpengaruh, semuanya aman-aman saja.
Mungkin mereka juga paham dengan kondisi di atas," jelasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat