visitaaponce.com

Kendaraan Listrik Ramaikan Jalan Raya di Jawa Barat pada Liburan Akhir Tahun

Kendaraan Listrik Ramaikan Jalan Raya di Jawa Barat pada Liburan Akhir Tahun
Sebuah mobil listrik tengah mengisi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum(DOK/PLN JAWA BARAT)

SEJUMLAH kendaraan listrik meramaikan lalu lintas di wilayah Jawa Barat pada masa libur akhir tahun. PLN Jawa Barat mencatat adanya lonjakan pengisian kendaraan listrik selama masa liburan yang mencapai 569% dari hari biasa.

"Sejak 16 Desember, setelah mulai libur sekolah, hingga 26 Desember, pengisian kendaraan listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik umum di Jawa Barat mencapai 1.855 kali transaksi. Ini melonjak hampir enam kali lipat dibandung pada 2022 lalu," ujar General Manager PLN Jawa Barat Susiana Mutia, Kamis (28/12).

Peningkatan transaksi tersebut diikuti pula dengan pertumbuhan konsumsi listrik di SPKLU. Total konsumsi listrik mulai 16 Desember hingga 26 Desember 2023 mencapai 35.993 kWh atau naik 619% dibandingkan dengan periode sama 2022 yang hanya mencatatkan 5,002 kWh.

Susiana menyimpulkan peningkatan konsumsi listrik di SPKLU mengindikasikan bahwa penggunaan kendaraan listrik di Jawa Barat semakin naik.

“Jumlah pengguna kendaraan listrik di Jawa Barat semakin meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu, kami terus menyiapkan berbagai infrastruktur pendukungnya baik melalui pembangunan sendiri maupun kolaborasi berupa kerja sama pengadaan SPKLU. Kami ikut mendorong ekosistem kendaraan listrik di Jawa Barat sekaligus mempercepat tujuan net zero emission 2060,” kata Susiana.

Susiana menjelaskan, untuk mendukung mobilisasi pengguna kendaraan listrik, PLN telah menyediakan 148 unit SPKLU yang tersebar di 148 lokasi, baik di rest area, tempat publik, tempat wisata, dan kantor PLN.

Selain SPKLU, PLN UID Jabar juga mendukung penyediaan listrik bagi Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Pengguna motor listrik dapat menggunakan SPBKLU dari PT Swap yang tersebar di 193 lokasi.

Dia menambahkan, selama liburan akhir tahun, PLN juga menyediakan 148 SPKLU yang tersebar di 148 titik yang tersebar di Jawa Barat. Seluruh SPKLU tersebut sangat mudah dicari lokasinya karena seluruhnya telah terintegrasi dengan PLN Mobile pada menu Charge-in.

"Pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir mencari SPKLU karena melalui PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui titik lokasi SPKLU dan mengisi ulang baterai kendaraan listriknya," jelasnya. (SG)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat