visitaaponce.com

Basarnas Siapkan Dua Skenario Evakuasi Gerbong KA Turangga dan Commuter Line Bandung

Basarnas Siapkan Dua Skenario Evakuasi Gerbong KA Turangga dan Commuter Line Bandung
Proses evakuasi KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya yang kecelakaan di Cicalengka, Jumat, 5 Januari 2024.(Metro TV)

Basarnas masih berupaya melakukan evakuasi gerbong kereta KA Turangga Turangga relasi Surabaya Gubeng Bandung dan Commuter Line Bandung Raya. Dua kereta tersebut mengalami kecelakaan di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka, Jumat (5/1), pukul 06.03 WIB.

Untuk mempermudah proses evakuasi gerbong kereta api dan korban yang masih terjepit, Basarnas telah menyiapkan dua skenario evakuasi gerbong kereta tersebut. Pertama dengan cara diangkat dan kedua dengan dipotong terlebih dahulu.

Kondisi bagian depan kereta yang bertabrakan merupakan yang paling sulit untuk dievakuasi. Di bagian tersebut juga terdapat dua korban yang terjepit dan masih sulit dievakuasi oleh petugas.

Baca juga: Imbas Kecelakaan KA Turangga, Ratusan Orang di Tasikmalaya Kembalikan Tiket Kereta

Kepala Basarnas Bandung Hery Marantika, mengatakan dua skenario evakuasi itu menjadi pilihan yang paling mungkin untuk dilakukan. Dengan begitu diharapkan dua kereta tersebut serta korban jiwa yang masih terjepit bisa segera diamankan.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) daerah operasi (Daop) 6 Yogyakarta melaporkan sejumlah kereta api tujuan dan dari Bandung mengikuti rekayasa pola operasi, jalan memutar, dan pengalihan menggunakan angkutan lain. Hal itu menyusul kecelakaan antara kereta api Turangga relasi Surabaya Gubeng Bandung dan Commuter Line Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka, Jumat (5/1), pukul 06.03 WIB.

Baca juga: 2 Meninggal dan 22 Luka Akibat Kecelakaan Cicalengka

"Kami PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan KA yang terdampak atas kejadian tersebut," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro.

Ia mengemukakan akibat kecelakaan itu jalur sementara tidak dapat dilalui. Meski demikian, KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat