visitaaponce.com

Kecelakaan KA, Pakar ITB Minta Jalur Ganda di Selatan segera Dituntaskan

Kecelakaan KA, Pakar ITB Minta Jalur Ganda di Selatan segera Dituntaskan
Gerbong KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya yang kecelakaan di Cicalengka, Jumat, 5 Januari 2024.(Metro TV)

KECELAKAAN kereta api di jalur yang sama bisa terjadi karena masalah sinyal dan komunikasi. Untuk itu jalur ganda harus segera dibangun agar tidak terjadi kecelakaan. Pernyataan itu diungkapkan pakar transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) R Sony Sulaksono Wibowo menanggapi kecelakaan kereta api di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1).

Dia menambahkan saat ini masih terdapat jalur tunggal kereta api di Indonesia. Kondisi itu membuat jalur tersebut rawan kecelakaan.

Baca juga: Evakuasi Masih Berlangsung, Korban Tewas Kecelakaan KA Turangga-CL Bandung Raya Jadi 4 Orang

Untuk single track, ujarnya, kereta api yang lewat harus bergantian. Dalam kasus di Cicalengka, KA Turangga biasanya diprioritaskan. Sementara KA lokal masuk ke emplasmen di stasiun terdekat, menunggu KA Turangga lewat. Sony menduga kecelakaan di Cicalengka disebabkan oleh miskomunikasi.

"Kemungkinan salah dari sinyalnya atau salah dari masinisnya, atau salah dari isyaratnya. Karena ada komunikasi lewat sinyal dan lewat isyarat,” ujarnya.

Baca juga: Basarnas Siapkan Dua Skenario Evakuasi Gerbong KA Turangga dan Commuter Line Bandung

Dia menyarankan pembangunan jalur ganda harus dilakukan segera. Double track sudah beres di jalur utara, namun di jalur selatan masih tertunda.

"Kereta api masih menjadi salah satu angkutan favorit untuk jarak jauh, terutama saat musim liburan,” ujarnya.

Sony juga mengusulkan perlunya peningkatan dari berbagai kemungkinan timbulnya masalah di lapangan terkait komunikasi. Di antaranya dengan perbaikan sinyal hingga komunikasi isyarat di jalur yang masih single track.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat