visitaaponce.com

Gempa di Garut Berdampak ke 17 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat

Gempa di Garut Berdampak ke 17 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat
Seorang petugas BPBD menunjukkan kerusakan yang terjadi di salah satu tempat ibadah(DOK/BNPB)

GEMPA yang berpusat di pesisir selatan Kabupaten Garut, Sabtu (27/4) malam telah berdampak ke 17 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Kerusakan terparah terjadi di Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.

Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat menyatakan sampai sejauh ini pihaknya mencatat ada 8 rumah dalam kondisi rusak berat akibat gempa bermagnitudo 6,2 itu. Sementara rumah rusak sedang berjumlah 56 unit dan rusak ringan 191 unit.

"Tidak ada korban jiwa. Korban luka-luka dalam kejadian ini total sebanyak 11 orang," tambahnya, Senin (29/4).

Baca juga : Mitigasi Risiko Gempa di Selatan Jabar

BPBD Jawa Barat, lanjut dia, juga mencatat total 191 kepala keluarga atau 536 jiwa terdampak gempa bumi. Sejauh ini tidak ada warga yang harus mengungsi, dan hanya tinggal sementara di tempat sanak saudarannya, guna mengantisipasi adanya gempa bumi susulan.


Hadi menambahkan selain rumah warga, kerusakan juga terjadi pada 7 bangunan lainnya, 6 fasilitas layanan kesehatan, 8 tempat ibadah dan 7 sekolah.

Sampai saat ini, lanjutnya, BPBD Jawa Barat dan BPBD kabupaten serta kota masih melakukan pengawasan di lapangan. Asesmen juga dilakukan untuk mengetahui kebutuhan warga yang terdampak.


"Kami masih melakukan pendataan di lapangan, terkait kerugian warga dan kebutuhan mereka. Petugas di lapangan juga melakukan tindakan sesuai kebutuhan korban," tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat