visitaaponce.com

Pemkab Ciamis Salurkan Bantuan Pangan untuk 202 Ribu Penerima

Pemkab Ciamis Salurkan Bantuan Pangan untuk 202 Ribu Penerima
Penjabat (Pj) Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyerahkan bantuan beras pada warga(DOK/DISKOMINFO CIAMIS)

PEMERINTAH Kabupaten Ciamis menyalurkan bantuan pangan tahap dua alokasi April. Penyaluran beras bertujuan membantu meringankan beban masyarakat

Alokasi bantuan pangan beras pada April sebanyak 202.693 penerima. Setiap orang menerima 10 kilogram beras per bulan.

Penjabat (Pj) Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengatakan, bantuan diberikan untuk mengurangi beban keluarga miskin, mengentaskan kemiskinan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, serta  menurunkan angka stunting.

Baca juga : Pemkab Ciamis Distribusikan Bansos Beras PPKM Tahap Kedua

"Bantuan pangan tersebut diberikan selama 6 bulan, dengan jangka waktu penyaluran pada Januari hingga Maret untuk tahap 1 dan April hingga Juni untuk tahap 2. Sebagai transporter dalam penyaluran bantuan pangan beras dalam hal ini adalah PT Pos wilayah Ciamis. Penyaluran bantuan pangan, berdasarkan surat kepala Bapanas cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan komoditas beras kepada masyarakat penerima bantuan pangan (PBP)," katanya, Rabu (15/5).

Ia mengatakan, Kabupaten Ciamis pada 2024 mendapat alokasi penyaluran bantuan pangan beras untuk 202.693 penerima. Setiap orang mendapat 10 kg beras per bulan.

"Salah satu tugas kami sebagai Pj Bupati menjaga terjadinya inflasi di kabupaten Ciamis. Kita juga menekan angka stunting termasuk mengentaskan kemiskinan. Terkait masalah pangan ini menjadi prioritasnya. Untuk itu kami kerap melakukan operasi pasar dalam rangka memastikan ketersedian pangan," tandas Engkus.

Baca juga : Kementerian Pertanian Dukung Percepatan Tanam dan Pengendalian Hama Terpadu di Kabupaten Ciamis

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Slamet Budi Wibowo mengatakan, mengantisipasi darurat pangan yang terjadi terutama dampak El Nino di Indonesia, Kementerian Pertanian sedang menggalakkan program perluasan areal tanam untuk sawah tadah hujan melalui kegiatan pompanisasi dan penanaman padi gogo. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan bersama Kementerian Pertanian, BBWS, Kodim Ciamis dan PUPRP, sawah tadah hujan untuk kegiatan pompanisasi seluas 4136,55 hektare dengan jumlah kebutuhan pompa air sebanyak 215 unit.

"Alhamdulillah dari usulan tersebut Kabupaten Ciamis mendapatkan alokasi dari Kementerian Pertanian sebanyak 64 pompa. Kami berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal," tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat