visitaaponce.com

Perjalanan Sukses Penjual Sarapan Menjadi Berpenghasilan Miliaran dan Memberdayakan Emak-Emak

Perjalanan Sukses Penjual Sarapan Menjadi Berpenghasilan Miliaran dan Memberdayakan Emak-Emak
Fea Rini, owner Mobileclass.(dok Fea Rini)

MENJADI sukses dan mampu memberi manfaat bagi orang sekitar memang menjadi hal yang diidamkan oleh banyak orang. Tak terkecuali Fea Rini, seorang content creator dan owner Mobileclass yang kini telah memiliki 75 ribu peserta.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa perjalanan suksesnya dimulai dari sebuah desa kecil di Pasaman Barat, Sumatra Barat. Fea, yang kini dikenal sebagai pendiri Mobileclass, dulunya hanyalah seorang anak penjual sarapan pagi di depan gereja.

Saat masih duduk di bangku SD, ayah Fea kehilangan pekerjaan sebagai pegawai kantoran. Kondisi ini memaksa keluarga mereka pindah dari Kota Padang ke kampung halaman di Pasaman Barat. Di sana, mereka memulai hidup sederhana.

Baca juga : Perempuan Muda Didorong untuk Beri Dampak Positif bagi Sekitar

“Ibuku jualan sarapan pagi, seperti pecel dan lontong sayur. Penghasilan itu cukup untuk makan, tapi sangat kurang untuk biaya sekolah apalagi kuliah,” ucap Fea.

Meskipun berprestasi dan lulus tes di Institut Pertanian Bogor (IPB), Fea terpaksa menunda kuliah karena orang tuanya tidak mampu membiayai. Wanita asal Bukittinggi ini kemudian bekerja sebagai pembantu di kantor pos dengan gaji Rp300 ribu sebulan. Setiap pagi sebelum bekerja, Fea membantu ibunya menggoreng bakwan, kemudian membawa beberapa sarapan ke kantor untuk dijual.

“Dengan gajiku yang segitu, aku beraniin diri untuk mendaftar kuliah di STIE Pasaman, dan berhasil dapat beasiswa di sana. Tapi, aku juga tetap bantu ibu jualan sarapan dan pulsa untuk nambah uang belanja dan bayar UKT. Di semester 5, aku juga sempat diterima kerja sebagai admin di Mitsubishi, berkat IPK 4,0,” ucap Fea.

Baca juga : Kuatkan Akar Gerakan, Komunitas Ibu Profesional Gelar Konferensi Perempuan Indonesia

Titik Awal Kelas Bimbingan

Tak kenal kata lelah, di tahun 2014, pebisnis dengan akun TikTok @_fearini_ ini pun mulai menemukan passion-nya, dengan mencoba berjualan produk skincare secara online melalui Facebook. Benar saja, dalam waktu singkat, ia berhasil menjual produk skincare dengan harga jutaan rupiah. Melihat hal tersebut, teman-teman sesama agen pun mulai bertanya tentang cara berjualannya, dan Fea mulai memberikan kelas bimbingan online secara sukarela.

Melihat semakin banyaknya orang yang ingin belajar darinya, Fea akhirnya menetapkan tarif untuk jasanya dan mulai membuat kelas-kelas sesuai dengan tarif yang dibayarkan. Hingga tahun 2016, lahirlah Mobileclass, sebuah kelas bimbingan online untuk membantu para pemula, terutama ibu rumah tangga (IRT), dalam menghasilkan uang dari sosial media.

Mobileclass by Fea Rini kini semakin berkembang pesat. Bahkan, di tahun 2023, kelas bimbingan online ini viral dan berhasil menggaet 60 ribu peserta dalam waktu satu tahun. 

"Semoga Mobileclass makin menjadi kebanggaan dan pilihan favorit emak-emak pemula yang ingin menghasilkan cuan dari media sosialnya," tutup Fea.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Haufan Salengke

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat