visitaaponce.com

UI Tambah 7 Kelas Pintar di Fakultas Teknik. Bedanya dengan Kelas Biasa

UI Tambah 7 Kelas Pintar di Fakultas Teknik. Bedanya dengan Kelas Biasa?
Logo UI(UI)

FASILITAS pendidikan modern di Fakultas Teknik Universitas Indonesia bertambah dengan adanya tujuh kelas pintar (smart class) terbaru yang merupakan donasi dari mitra-mitra FTUI yang dilaksanakan pada 6 Juni lalu.

Penambahan fasilitas pendidikan modern ini, diharapkan ke depannya dapat menjadi landasan baru untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan teknologi terkini bagi mahasiswa FT.

”Modernisasi fasilitas pendidikan merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh institusi pendidikan untuk menjaga kualitas pendidikan dan menjamin daya saing lulusan kita agar mampu berkompetisi secara global di bidang keteknikan.

Baca juga : Iluni UI Menggugat Kriminalisasi terhadap Anggotanya, Ibnu Rusyd Elwahby

FT mulai melakukan revitalisasi ruang-ruang kelas kami dari yang tadinya kelas tradisional menjadi ruang kelas pintar sejak tahun 2019.

Dengan peresmian ini, kini FT telah memiliki 15 kelas pintar yang dimanfaatkan untuk kegiatan belajar. Target kami adalah modernisasi 50 ruang kuliah FT menjadi ruang kelas pintar selesai sebelum 2025,” ungkap Dekan Fakultas Teknik UI Prof. Dr. Heri Hermansyah dikutip pada Senin (12/6).

Baca juga : Masih Banyak Keterbatasan yang Belum Dapat Dikerjakan AI

Smart Classroom FT bukan hanya ruang belajar yang dilengkapi dengan perangkat keras modern, tetapi juga merupakan ruang interaktif di mana mahasiswa dan dosen dapat berkolaborasi dalam proses pembelajaran.

Melalui integrasi teknologi, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengakses sumber daya digital, berpartisipasi dalam diskusi aktif secara interaktif, serta mengembangkan kemampuan kritis dan kreatifitas mereka.

Ruang kelas pintar FT dapat menampung 40-60 mahasiswa. Formasi meja dan kursi di ruangan tersebut dapat diubah sesuai dengan model perkuliahan yang dibutuhkan.

Ruang kelas pintar ini dilengkapi dengan smart board interaktif, smart TV, fasilitas poly studio, dan smart projector yang memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran luring maupun hybrid.

Prof. Heri mengungkapkan bahwa Smart Classroom FT menjadi wujud komitmen FT dalam menyediakan lingkungan pembelajaran yang modern, interaktif, dan melibatkan teknologi dan perwujudan strategi Modernization of Engineering Education.

”Smart Classroom FT akan menjadi tempat di mana pengetahuan dan teknologi bertemu, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja. Dengan menggabungkan teknologi dan pendidikan, smart classrooms memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, kolaboratif, dan adaptif. Modernisasi fasilitas pendidikan di FT ini akan memperkaya proses belajar dan mengajar serta mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tuntutan dunia digital yang terus berkembang," ujarnya.

Keberadaan ruang kelas pintar ini diharapkan dapat mendukung mahasiswa serta dosen dalam hal kegiatan pembelajaran. Keberadaan smart classroom juga menjadi bentuk realisasi fisik salah satu dari kesebelas program unggulan Dekan FT 2022-2026, yaitu pengembangan fasilitas pendidikan yang dapat mengakomodasi keperluan mahasiswa teknik. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat