visitaaponce.com

Cara Mengolah Daging Sapi agar Lebih Empuk dan Lezat

Cara Mengolah Daging Sapi agar Lebih Empuk dan Lezat
Tips mengolah daging sapi agar lebih empuk(Ilustrasi)

DALAM persiapan untuk perayaan Idul Adha, koki selebritas Devina Hermawan memberikan beberapa tips berharga untuk mengolah daging sapi agar lebih empuk dan lembut.

Menurut Devina, ada beberapa teknik yang dapat diterapkan untuk mengolah daging yang berserat kasar menjadi lebih lembut. Salah satunya adalah teknik velveting atau dengan taburan tepung dan putih telur, yang merupakan gaya Chinese style. Selain itu, memakai presto dalam waktu yang cukup lama juga menjadi pilihan yang umum dilakukan.

"Potongan daging seperti brisket atau sandung lamur bisa menjadi pilihan karena kandungannya yang berimbang antara lemak dan serat daging, sehingga membuat daging lebih lembut," jelas Devina saat diwawancarai dalam konferensi pers Kitchenette Kitchen Takeover di Jakarta.

Baca juga : Kreasi Hidangan Idul Adha: Resep Sambal Paru ala Devina Hermawan

Tidak hanya teknik memasak yang penting, tetapi juga pemilihan bagian daging yang memengaruhi kelembutan. Bagian daging seperti tenderloin, sirloin, atau rib eye cenderung lebih lembut karena bukan bagian tubuh sapi yang aktif dan tidak memiliki otot yang keras. Sementara itu, bagian paha lebih keras karena mengandung otot dan merupakan bagian tubuh yang aktif pada sapi.

Devina juga menyarankan untuk memperhatikan apakah daging tersebut lokal atau impor, karena ini juga dapat memengaruhi kelembutan daging sapi.

"Tips lainnya adalah jika memasak dengan presto, biarkan daging dalam fase vakum selama 45 menit sampai satu jam. Anda juga bisa menggunakan teknik merendam daging dalam kecap asin Jepang atau bumbu pelengkap lainnya agar rasa daging lebih seimbang dan bumbu meresap," tambahnya.

Dengan menerapkan tips ini, diharapkan Anda dapat menghasilkan hidangan daging sapi yang lezat dan lembut saat merayakan Idul Adha. Selamat mencoba! (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat