visitaaponce.com

Ini 9 Cara Menghitamkan Rambut secara Alami

Ini 9 Cara Menghitamkan Rambut secara Alami
Ilustrasi, berikut cara menghitamkan rambut secara alami(freepik)

MEMILIKI rambut hitam dan tebal pastinya menjadi keinginan banyak orang, terutama perempuan yang mempunyai rambut panjang.

Tebal dan hitamnya rambut juga bisa mempercantik penampilan. Bahkan dengan hal tersebut bisa membuat kita menjadi semakin percaya diri untuk beraktivitas.

Baca juga : Polda Metro Ungkap Identitas Perempuan Tewas Tanpa Busana di Cipayung

Namun untuk memiliki rambut hitam ini bisa kalian rawat dan bentuk sendiri. Untuk merawatnya tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan ke salon.

Kalian hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami saja yang mudah didapatkan.

Baca juga : Lingkungan Perempuan Pancasila

Bahan alami ini tentunya bisa membuat rambut hitam dan terlihat tebal. Bahan-bahan alami tersebut baik kalian gunakan secara rutin.

Tentunya untuk membuat rambut hitam tidak hanya satu sampai tiga kali pakai saja.

Baca juga : 11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Kalian perlu melakukannya setiap hari selama berminggu-minggu bahkan bulan. Selain itu bahan-bahan alami iini sangat mudah untuk didapatkan.

Kalian bisa mendapatkan dan membelinya di warung atau pasar tradisional.

Baca juga : DKPP Dinilai Menunjukan Keberpihakan terhadap Perempuan

Berikut Cara Menghitamkan Rambut

1. Pakai Minyak Zaitun

Cara yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Dengan menggunakan minyak zaitun maka rambut kalian akan terlihat hitam dan berkilau.

Bahkan, dengan menggunakan minyak zaitun juga rambut yang kusut bisa gampang diatur. Cara menggunakannya, kalian oleskan ke rambut seperti masker rambut sampai merata.

Lalu diamkan beberapa jam sampai meresap dan tutup rambut kalian menggunakan handuk.

2. Pakai Lidah Buaya

Lalu selanjutnya menggunakan gel lidah buaya untuk hitamkan rambut. Menggunakan gel lidah buaya ini adalah salah satu bahan alami untuk hitamkan rambut yang sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Cara menggunakannya, kalian oleskan langsung gel lidah buaya ke rambut. Lalu kalian diamkan selama 15 menit dan bilas rambut.

Lalu bisa juga lidah buaya ini digunakan untuk masker rambut.

3. Pakai Minyak Kemiri

Selanjutnya adalah menggunakan minyak kemiri untuk hitamkan rambut. Khasiat minyak kemiri ini sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan sampai banyak bayi yang diolesi minyak kemiri tersebut oleh orang tuanya.

Caranya, kalian oleskan minyak kemiri langsung ke rambut sambil dipijak perlahan. Lalu diamkan selama 15 meit, lakukanlah secara rutin.

Dalam kandungannya, minyak kemiri ini memiliki lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan rambut.

4. Pakai Kopi

Cara menghitamkan rambut selanjutnya adalah menggunakan kopi. Kopi ini memiliki banyak manfaat untuk perawatan dengan bahan alami.

Untuk menghitamkan rambut, caranya kalian seduh kopi dan diamkan sampai dingin. Lalu ampas kopi tersebut kalian campurkan dengan conditioner.

Selanjutnya bilas rambut menggunakan air kopi, lalu gunakan conditioner tersebut sambil dipijat dan tunggu selama 15 menit.

5. Pakai Minyak Kelapa dan Lemon

Lalu selanjutnya bisa menggunakan minyak kelapa dan perasan buah lemon untuk hitamkan rambut. Kedua bahan alami ini kalian kombinasikan untuk menghitamkan rambut.

Selain menjadi hitam, dengan bahan alami ini rambut kalian juga akan lembut. Caranya, kalian peras buah lemon dan campurkan dengan air.

Tunggu selama 20 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat atau shampo.

6. Pakai Buah Mengkudu

Bahan alami selanjutnya adalah menggunakan buah mengkudu. Walaupun memiliki aroma yang kurang sedap, namun buah menggudu ini mempunyai manfaat untuk kesehatan rambut.

Bahkan, bukan hanya rambut, kulit kalian pun akan sehat dan terlihat cantik. Caranya, blender sampai halus buah mengkudu dan campurkan pakai pandan untuk hilangkan aroma tak sedapnya.

Lalu kalian oleskan ke rambut sampai merata dan diamkan selama 30 menit lalu bilas.

7. Pakai Daun Bunga Sepatu

Cara selanjutnya adalah menggunakan daun bunga sepatu. Ternyata cara menggunakan daun bunga sepatu ini sudah dilakukan sejak lama untuk menghitamkan rambut.

Dalam kandungannya daun bunga sepatu ini memiliki antioksidan, vitamin dan pigmen. Untuk menggunakannya, kalian kancurkan daun bunga sepatu dan campurkan dengan minyak kelapa.

Lalu oleskan ke rambut dan tunggu sampai mengering, selanjutnya bisa kalian bilas.

8. Pakai Bubuk Cokelat

Lalu selanjutnya adalah menggunakan bubuk cokelat atau cocoa powder. Cara menggunakannya, kalian bisa mencampurkan bahan lain dengan bubuk coklat.

Pertama, kalian campurkan bubuk coklat dengan madu dan cuka apel serta yoghurt. Lalu aduk semuanya sampai rata, dan aplikasikan ke rambut kalian sampai menmyeluruh.

Tunggu sampai lima menit dan keramas sampai bersih.

9. Pakai Teh Hitam

Cara menghitamkan rambut yang terakhir adalah menggunakan teh hitam. Kandungan antioksidan dalam teh hitam yang tinggi membuat rambut kalian bisa sehat dan terjaga.

Caranya, kalian bisa rebus teh hitam dan tunggu sampai airnya dingin. Selanjutnya siram kulit kepala pakai air teh hitam tersebut sambil dipijat, diamkan selama 30 menit.

Selain untuk menghitamkan rambut, teh hitam ini bisa mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkan akarnya.

Dari sembilan cara menghitamkan rambut di atas baiknya kalian aplikasikan setiap hari selama satu atau dua minggu. (Z-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat