visitaaponce.com

DKPP Dinilai Menunjukan Keberpihakan terhadap Perempuan

DKPP Dinilai Menunjukan Keberpihakan terhadap Perempuan
Ketua DKPP Heddy Lugito (kanan) berdiskusi dengan Anggota DKPP J Kristiadi saat pembacaan putusan(MI/Usman Iskandar)

DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) menjadi ujung tombak dalam memastikan penyelenggara pemilu berintegritas, beretika dan berdasar peraturan perundang-undangan. Pernyataan ini disampaikan oleh Komisioner KPU Periode 2012–2017 Hadar Nafis Gumay dalam merespon putusan terhadap Ketua KPU Hasyim Asy'ari

"Mereka bertugas melakukan koreksi terhadap hal-hal yang prinsipil yang dimiliki oleh penyelenggara pemilu kita. Koreksi mereka final yang menjadi harapkan dan diandalkan," ujarnya, Rabu (3/7).

Sanksi tegas yang diputuskan tersebut membuktikan sikap DKPP yang seharusnya yakni ketegasan dan keberpihakan DKPP terhadap korban khususnya perempuan.

Baca juga : Terbukti Lakukan Asusila Berujung Dipecat DKPP, Hasyim Asy’ari : Alhamdulillah 

"Akhirnya kita melihat, mendapatkan satu putusan yang memang tegas serta berani sesuai yang seharusnya dilakukan diambil peran ini oleh DKPP Saya menghormati, salut atas putusan ini. Harapannya putusan yang sangat serius dan sangat monumental ini berdampak satu efek jera dan peringatan sangat keras pada penyelenggara yang lain di seluruhnya untuk jangan main-main," tegasnya.

Tindak asusila yang dilakukan oleh penjabat begara tersebut menurutnya bisa terjadi oleh siapa saja. Dengan demikian secara jangka panjang perlu untuk menata kembali proses seleksi penyelanggara pemilu.

"Jadi tidak bisa melalui proses yang tertutup dan tim seleksi yang tidak terlalu murni. Presiden harus betul-betul mendengarkan pendapat masyarakat dan partisipatif," tukasnya. (Sru/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat