visitaaponce.com

Mulai 8 Juni, Lansia Dilarang Naik KRL Jabodetabek di Jam Sibuk

Mulai 8 Juni, Lansia Dilarang Naik KRL Jabodetabek di Jam Sibuk
Suasan penumpang KRL di stasiun Mangggarai saat jam sibuk(Antara)

PT KERETA Commuter Indonesia (KCI) tengah menyiapkan serangkaian protokol untuk menghadapi kebijakan new normal di Jabodetabek. Salah satu protokol yang disiapkan yakni pelarangan penggunaan KRL bagi lansia pada jam-jam sibuk mulai tanggal 8 Juni 2020.

“Aturan ini dibuat untuk meminimalkan risiko bagi kelompok yang sangat rentan terhadap Covid-19 yaitu lanjut usia atau mereka yang telah berumur enam puluh tahun atau lebih. Mengingat adanya potensi kepadatan pengguna KRL pada jam sibuk, maka bagi lansia hanya diizinkan untuk naik KRL pada pukul 10:00 hingga 14:00 WIB,” kata Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (2/6).

Larangan tersebut juga berlaku bagi pedagang yang membawa barang dagangannya menggunakan KRL. Aturan ini dibuat karena barang dagangan berpotensi mempersulit penerapan physical distancing penumpang di kereta

Anne menyampaikan, selain aturan tersebut, protokol yang selama ini diterapkan saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga masih diberlakukan.

Protokol yang harus diterapkan penumpang antara lain wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun dan di dalam KRL, pemeriksaan suhu tubuh penumpang.

Selain itu, penerapan physical distancing atau jaga jarak sesuai dengan marka-marka yang ada di area stasiun dan di kereta.

“Saat ini PT KCI juga sudah menyediakan fasilitas wastafel tambahan selain yang telah ada di toilet. Tujuannya agar dapat dimanfaatkan pengguna KRL untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan KRL.

Selain itu, lanjutnya, ada juga disiapkan fasilitas hand sanitizer di stasiun maupun yang dibawa petugas pengawalan di dalam kereta juga masih tersedia,” ujar Anne.

Dia menambahkan, PT KCI akan menjalankan kebijakan pemerintah pada masa pandemi ini. Layanan KRL Commuter Line akan mengikuti perkembangan dan menyesuaikan dengan kebijakan yang diberlakukan pemerintah. (OL-13)

Baca Juga: KRL sudah Beroperasi meski belum Sepenuhnya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat